19 January 2020, 11:15 WIB

Pangeran Harry dan Meghan Serahkan Gelar Kerajaan


Rifaldi Putra Irianto | Internasional

PANGERAN Harry dan istrinya Meghan Markle sepakat untuk menyerahkan gelar kerajaan mereka dan berhenti menerima dana publik sebagai bagian dari kesepakatan dengan Ratu Elizabeth II. Pasangan ini akan lebih banyak menghabiskan waktu pribadi mereka di Kanada.

Pengumuman resmi tersebut diumumkan Istana Buckingham pada Sabtu (18/1), setelah pasangan yang dikenal sebagai Duke dan Duchess Sussex mengungkapkan keputusan mengejutkan soal keinginannya untuk mundur dari kerajaan.

"Setelah berbulan-bulan percakapan dan hasil diskusi terbaru, saya senang bahwa bersama-sama, kita telah menemukan jalan keluar yang konstruktif untuk mendukung cucu saya dan keluarganya," kata Ratu Elizabeth II dalam sebuah pernyataanya, seperti di lansir AFP.

"Saya menyadari tantangan yang mereka alami sebagai hasil dari pengawasan ketat selama dua tahun terakhir. Dan mendukung keinginan mereka untuk kehidupan yang lebih mandiri," imbuhnya.

Dalam sebuah pernyataan terpisah dikaitkan dengan Istana Buckingham disebutkan, pasangan yang telah memiliki seorang putra itu tidak akan menggunakan gelar HRH (Her Royal Highness), karena mereka tidak lagi bekerja sebagai anggota keluarga kerajaan.

"Sebagaimana disepakati dalam peraturan baru ini, mereka memahami bahwa mereka diharuskan untuk mundur dari tugas-tugas kerajaan, termasuk penunjukan militer resmi. Mereka juga tidak akan lagi menerima dana publik untuk tugas-tugas kerajaan," tulis pernyataan itu.

Istana juga menambahkan, bahwa keduanya akan membayar £2,4 juta (US$3,1 juta) uang pajak yang dihabiskan untuk merenovasi rumah Frogmore Cottage mereka di dekat Kastil Windsor.

Kendati demikian, Istana menyebutkan bahwa pihaknya tidak akan mengomentari soal siapa yang akhirnya akan membayar detail keamanan kedua pasangan tersebut selama di Kanada. Juga tidak akan menyebutkan apakah pasangan ini mendapatkan izin untuk keuntungan finansial dari royalti masa depan dan biaya waralaba.

Pengumuman Ratu ini merupakan yang kedua dalam proses Megexit, menyitir istilah Brexit, yang berlaku efektif pada 8 Maret

Sebelumnya Harry dan Meghan berupaya mendaftarkan merek Sussex Royal sebagai merek dagang global untuk perusahaan mereka kelak. Pasangan ini berdedikasi untuk lingkungan dan ingin mengembangkan yayasan amal mereka sebagai bagian dari peran baru yang progresif.

Mendengar hal tersebut, Ratu Elizabeth II mengaku mendukung langkah keduanya untuk lebih mandiri.

"Kami telah memilih untuk melakukan transisi tahun ini dalam mulai mengukir peran baru progresif dalam lembaga ini," ucap pasangan tersebut.

baca juga: Virus Korona Menginfeksi Banyak Orang

"Kami sekarang berencana untuk menyeimbangkan waktu kami antara Inggris dan Amerika Utara" sambungnya.

Laporan media menyatakan Harry mungkin akan segera bergabung dengan Meghan dan putranya Archie di Kanada minggu ini. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT