19 January 2020, 08:11 WIB

Ribuan Warga Pesta Durian Kalsel di Banjar


Denny Susanto | Nusantara

UNTUK mempromosikan durian asal Kalimantan Selatan, maka digelar kontes durian dan pemeran buah eksotis yang diselenggarakan oleh pemprov setempat di kawasan wisata Kiram Park, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/1). Kontes durian ini mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID). Penghargaan diberikan untuk dua kategori yaitu jumlah peserta dan jumlah durian terbanyak.

Penghargaan LEPRID ini diterima Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Gubernur Kalsel, mengaku terkejut dengan banyaknya masyarakat yang hadir dalam kontes durian dibarengi makan durian gratis ini.

"Kalsel tidak hanya dikenal sebagai daerah penghasil durian tetapi juga masyarakatnya pecinta durian. Ini dibuktikan banyaknya warga yang datang ke acara ini," ucapnya.

General Manager LEPRID, Fisca Mahu mengatakan ada dua rekor yang berhasil dipecahkan Pemprov Kalsel yaitu peserta terbanyak dan buah durian terbanyak.

"Untuk peserta terbanyak ada 24 ribu orang dan durian terbanyak ada 43 ribu buah. Ini sangat luar biasa," kata Fisca.

Dijelaskannya, penilaian penghargaan berdasarkan jumlah peserta dan jumlah durian. Sedangkan kedua rekor yang diberikan merupakan penghargaan yang pertama kali dalam catatan pihak LEPRID.

baca juga: Klaim Kerajaan Baru Dinilai sebagai Kegilaan

Warga yang datang ke acara kontes durian ini berasal dari berbagai daerah kabupaten di Kalsel. Musim durian tahun ini cukup melimpah. Tidak hanya durian lokal, Kalsel juga dibanjiri durian dari wilayah provinsi tetangga Kalteng dan Kaltim.  Harga durian di pasaran pun cukup terjangkau mulai Rp10 ribu hingga Rp50 per biji sesuai ukuran durian. (OL-3)

BERITA TERKAIT