19 January 2020, 08:00 WIB

Momentum Esports Rintis Prestasi Internasional


Budi Ernanto | Olahraga

KETUA Umum PB Esports ­Indonesia Budi Gunawan melantik jajaran kepengurusannya yang akan mulai bekerja awal ­tahun ini hingga 2024. Pelantikan digelar di Jakarta, kemarin, dan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Dalam sambutannya, Budi ­meminta agar pengurus PB ­Esports Indonesia saat bertugas untuk menjalankan tanggung jawabnya memajukan e-sports. Apalagi, e-sports merupakan olahraga kekinian yang diyakini bakal digemari kalangan muda.

“E-sports bisa meningkatkan kemampuan berpikirnya. Kemudian juga daya analisis, mengasah­ strategi, dan kerja sama. Semua kemampuan itu adalah yang kita butuhkan dari sumber daya manusia Indonesia yang tengah menghadapi dunia kompetitif,” kata Budi.

Di acara yang juga dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua Umum PSSI M Iriawan, Budi juga menerangkan cikal bakal e-sports mulai masuk di Indonesia, yakni pada 2001. Hingga kemudian e-sports ikut dipertandingkan di Asian Games 2018.

“Pelantikan ini merupakan ­momentum unik dalam ­membangun e-sports ke arah yang lebih positif dan diharapkan mampu untuk membuat ­kemajuan bangsa di berbagai sektor, seperti ketahanan kreatif digital dan pariwisata,” tambahnya.

Budi yang juga menjabat ­sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu juga mengatakan pihaknya akan segera membuat regulasi yang mengatur e-sports agar lebih jelas dan terarah sehingga bisa lebih banyak menorehkan prestasi di level internasional.

“PB Esports harus mampu menghadapi tantangan dan ­kendala, dan kita punya PR yang harus diselesaikan, salah satunya pembangunan e-sports training center yang berstandar ­internasional,” katanya menambahkan.

Pada SEA Games 2019 di ­Filipina, ketika e-sports untuk pertama kalinya menjadi salah satu cabang resmi yang dipertandingkan, Kontingen Indonesia sukses menyumbangkan dua medali perak.

Budi berharap prestasi itu dapat terus ditingkatkan pada kejuaraan lain terutama Asian Games 2022 dan Olimpiade 2024, saat cabang e-sports dipastikan dipertandingkan.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali, mengatakan pemerintah sangat mendukung perkembangan e-sports di Tanah Air. Itu dilakukan karena e-sports diwacanakan bakal dilombakan di multiajang sejagat, Olimpiade 2024 Prancis.

“Pemerintah berencana untuk membangun training center untuk cabang olahraga yang akan ikut Olimpiade. Semoga ­e-sports ambil bagian di rencana itu karena target besar kita ialah di Olimpiade,” kata Zainudin. (Beo/R-2)

BERITA TERKAIT