18 January 2020, 17:04 WIB

PKS Ngotot Perlu Pansus Atasi Jiwasraya


Putra Ananda | Politik dan Hukum

KOMISI VI DPR RI telah menyepakati pembentukan panitia kerja (panja) yang akan bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap upaya pemerintah dalam mengembalikan uang nasabah dan mengusut tuntas kasus mega korupsi Jiwasraya. Namun, kendati demikian, Anggota DPR Komisi XI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Byarwati, menyampaikan DPR tetap perlu membentuk panitia khusus (pansus) sebagai tambahan kekuatan mengatasi permasalahan Jiwasraya.

"Hanya dengan mekanisme pansus itulah Jiwasraya bisa diusut dengan tuntas. Memang berkembang wacana beberapa pihak, buat apa sih pansus, padahal panja saja cukup. Tapi saya sampaikan, mekanisme panja tidak memadai untuk mengusut Jiwasraya,"ujarnya dalam acara diskusi bertajuk 'Jiwasraya dan Prospek Asuransi' yang digelar di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Sabtu (18/1).

Baca juga: Soal Dinasti Politik, Jokowi: Cari Partai Aja Kesulitan

Anis menyebut, DPR mempunyai kepentingan menyelamatkan nasabah Jiwasraya yang jumlahnya mencapai 5,5 juta orang. Terlebih 5,2 juta nasabah diantarnaya merupakan nasabah yang berasal dari kalangan mengenah ke bawah.

"Jadi perhatian DPR RI untuk segera diselamatkan karena di sana ada nasabah yang menitipkan dana pensiun dan memang tidak bisa kasus ini dibiarkan dan dianggap kemudian sudah diselesaikan saja secara mandiri," ujarnya.

Anis mengaku, beberapa fraksi lain di DPR seperti fraksi Demokrat sudah menunjukkan lampu hijau terhadap usul PKS terkait pembentukan pansus Jiwasraya. Sebagai wakil rakyat, Anis menyebut, bahwa DPR harus hadir memperjuangkan kepentingan nasabah Jiwasraya.

Baca juga: Menko Polhukam: Prajurit tidak Usah Resah Soal Asabri

"Makanya saya dari fraksi PKS sangat mendorong dan mengusulkan dan itu kami buktikan ketika di Paripurna pembukaan awal masa sidang kedua 13 Januari kemarin. PKS paling lantang menyuarakan dibentuknya pansus Jiwasraya," ujarnya.

"Tidak cukup dengan interupsi, pada hari Rabu (15/1), seluruh anggota fraksi PKS di DPR menandatangani usulan pembentukan pansus Jiwasraya. Jadi kita serius pansus, kita dorong terus," tambahnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT