17 January 2020, 21:00 WIB

Firli Sudah Teken Surat Permintaan Bantuan ke Polri Temukan Harun


Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum

KETUA KPK Firli Bahuri mengungkapkan penyidik KPK sampai saat ini tetap melakukan pencarian dan berupaya melakukan penangkapan terhadap Mantan Caleg PDIP Harun Masiku. Yang terbaru, KPK telah meminta bantuan pada Polri.

"Tadi saya sudah tanda tangani terkait dengan permintaan bantuan pencarian dengan aparat penegak hukum," terang Firli di Gedung KPK (17/1).

Ia memastikan Harun akan balik ke Indonesia. Berkaca pada pengalamannya sebagai Deputi Penindakan KPK, Firli mengidentifikasi tersangka korupsi berbeda denga tersangka pidana lain.

"Ada yang kabur ke luar negeri itu pasti balik. Karena apa? karena pelaku koruptor berbeda dengan pelaku pembunuhan yang siap tidur di hutan, beda juga dengan pelaku teror. Tapi kalo korupsi, berapa uang yang ia bawa, pasti akan kembali ke Indonesia," tegasnya.

Oleh karena itu, menurutnya, langkah yang saat ini patut dilakukan adalah meminta bantuan penegak hukum dan berupaya lewat jalur diplomasi.

"Tinggal kita meminta bantuan aparat penegak hukum, khususnya Kepolisian Republik Indonesia, karena memang mereka punya jejaring. Kita juga meminta meminta bantuan dengan jalur-jalur diplomatik untuk mencari keberadaan tersangka yang kita cari," pungkasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT