17 January 2020, 16:00 WIB

Yakin Kasus Selesai, Jokowi: Jiwasraya Sakitnya Sudah Lama


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo meyakini kasus korupsi di PT Jiwasraya akan bisa diselesaikan hingga tuntas, baik dari sisi hukum maupun tanggung jawab terkait pengembalian dana kepada nasabah.

Kendati demikian, Presiden tidak memasang target waktu penyelesaian kasus tersebut.

"Target tidak ada. Target saya ya selesai. Yang penting selesai terutama untuk nasabah-nasabah rakyat kecil," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1).

Pemerintah bersama seluruh pihak terkait membutuhkan upaya yang besar dalam menuntaskan persoalan di tubuh BUMN asuransi itu. Karena masalah sudah muncul sejak 2006, proses penyelesaiannya pun akan membutuhkan waktu yang tidak singkat.

"Jiwasraya itu sakitnya sudah lama sehinga penyembuhannya tidak sehari dua hari. Beri waktu kepada OJK, Menteri BUMN, Menteri Keuangan. Ini butuh waktu. Tapi insya Allah selesai," tuturnya.

Baca juga: Luhut Minta Pelaku Dugaan Korupsi Jiwasraya Dimiskiskan

Guna mencegah kasus serupa terjadi di masa mendatang, pemerintah meminta OJK melakukan reformasi lembaga keuangan nonbank.

"Saya sampaikan ini adalah momentum yang baik untuk mereformasi industri keuangan nonbank baik itu asuransi maupun dana pensiun. Baik itu dari sisi pengaturan, pengawasan, risk manajemen, permodalan, semua harus diperbaiki dan dibenahi tapi butuh waktu, mungkin satu sampai dua tahun," tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Pemerintah juga akan mempertimbangkan untuk merevisi Undang Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK demi menguatkan peran dan pengawasan lembaga tersebut.(OL-5)

BERITA TERKAIT