17 January 2020, 13:09 WIB

Pembentukan Panja Jiwasraya Dinilai Tepat


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

WAKIL Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan pembentukan panitia kerja (panja) kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sudah tepat. Panja dinilai lebih mudah dibentuk, sehingga dapat segera bekerja.

"Pansus itu kan prosesnya agak lama. Kalau panja langsung di komisi terkait. Karena kita juga mengejar waktu, bagaimana uang yang sudah keluar bisa kembali. Bagaimana kinerja jelek bisa diperbaiki dan penegakan hukum bisa dijalankan," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Jumat (17/1).

Dia mengetahui keinginan beberapa fraksi untuk pembentukan panitia khusus (pansus). Menurutnya, itu adalah hak dari setiap fraksi untuk mengupayakan pembentukan pansus.

"Bagi teman-teman berkeinginan bentuk pansus ya itu hak kawan-kawan. Namun, yang sudah bentuk panja silahkan bekerja. Saya pikir untuk merespons cepat atas yang dilakukan oleh Menteri Keuangan dan Menteri BUMN, serta Kejaksaan Agung dan Polri, teman-teman membentuk panita panja agar bisa langsung bekerja," papar Dasco.

Meski ada beberapa fraksi yang menyuarakan agar dibentuk pansus Jiwasraya, Dasco mengatakan belum ada pembicaraan langsung kepada pimpinan DPR.

"Sejauh ini belum ada, mungkin dalam rapat badan musyawarah besok lusa setelah Senin atau Selasa. Tapi teman-teman yang sudah bentuk panja ya silahkan jalankan," kata Dasco.

Seperti diketahui, Komisi VI DPR telah membentuk panja Jiwasraya. Namun, beberapa fraksi seperti PKS, Demokrat dan NasDem, menyatakan pembentukan pansus lebih tepat untuk menangani kasus Jiwasraya.(OL-12)

BERITA TERKAIT