16 January 2020, 18:15 WIB

Minat Kuliah di Luar Negeri Tinggi, UniSadhuguna Siapkan Solusi


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. UniSadhuguna
 Dok. UniSadhuguna
Diskusi soal kulaih di luar negeri dari UniSadhuguna

MINAT siswa Indonesia melanjutkan pendidikan tinggi ke luar negeri terus meningkat. Data UNESCO tentang Higher Education in Asia 2017 mencatat lebih dari 47 ribu mahasiswa Indonesia menempuh studi mereka di luar negeri.

Melihat fakta itu, lembaga pendidikan UniSadhuguna berkomitmen terus mengembangkan diri agar siswanya dapat meneruskan ke jenjang pendidikan tinggi yang lebih baik, bahkan hingga ke luar negeri.

Presiden Direktur UniSadhuguna Adhirama Gumay mengatakan, pihaknya tidak hanya mempersiapkan para siswa yang ingin mengambil jenjang kesarjanaannya tapi juga memberikan pondasi kepada para siswa sejak dini sehingga mereka dapat melakukan persiapan dan mendapatkan arahan studi sesuai dengan kebutuhan mereka.  

"UniSadhuGuna sangat memahami tidak mudah bagi orang tua dan siswa menentukan pilihan studi yang akan ditempuh. Begitu banyak informasi  yang  diterima.  Untuk  itu  kami memposisikan diri bukan hanya sebagai Lembaga pendidikan tapi merupakan teman dan mitra yang mengerti kebutuhan orang tua dan siswa," kata Adhirama usai acara wisuda mahasiswa yang lulus pendidikan di Indonesia, di Soehanna Hall-The Energy Building, SCBD, Jakarta (16/1).

Adhirama menjelaskan, dalam proses pembelajaran, pihaknya juga memberikan solusi terhadap siswa dan wali murid yang ingin meneruskan pendidikan di luar negeri.

Baca juga : Bukan Sekedar Try Out SBMPTN,  Tapi Eksplorasi IPB University

Solusi yang diberikan bersifat komprehensif mulai dari persiapan dini yang mencakup bahasa, ketrampilan , hingga pembekalan akademik dimana siswa mendapatkan pondasi yang matang guna melanjutkan tingkat kesarjanaan.

“Kami ada untuk membuat proses studi di luar negeri menjadi lebih mudah. Kami memastikan bahwa rencana studi luar negeri yang dipilih akan berjalan lancar. Kami memastikan bahwa siswa akan dipandu melalui setiap proses dan kebutuhan sejak awal hingga kelulusan. Kami pun selalu ada bagi mereka yang membutuhkan bantuan informasi proses pencarian kerja di negara studi mereka setelah kelulusan," ujar Adhirama

"Ini sebabnya kami menyediakan program lengkap bagi para siswa dalam menempuh pendidikan tinggi di luar.negeri. Saat ini kami telah meluluskan lebih dari 3.000 lulusan terbaik yang berhasil meraih gelar Bachelor, Master, Phd,di Universitas terbaik di Australia, UK, USA dan beberapa negara terkemuka lainnya," imbuhnya

Aimee Sukesna, Head of Campus UIC College di BSD, Tangerang, Banten, mengatakan, program studi yang diberikan UniSadhuGuna memberi percepatan atau akselerasi bagi siswa untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya dari luar negeri.

Ini merupakan solusi dan dukungan dari UniSadhuGuna bagi siswa Indonesia guna menempuh pendidikan di luar negeri dan mendukung program pemerintah yang tengah meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

Baca juga : Fakultas Kedokteran Uhamka Siap Cetak Dokter Ahli Kesehatan kerja

Aimee menjelaskan, ada 8 program yang ditawarkan UniSadhuGuna melalui UIC College, antara lain junior college untuk level lulusan sekolah menegah pertama, yang memungkinkan siswa untuk menyelesaikan kualifikasi setara SMA dan Sarjana dari Inggirs dalam waktu 5 tahun.

Program international pathway, siswa dapat menyelesaikan masa kuliah dua tahun pertama di indonesia untuk kemudian melanjutkan ke jenjang tahun terakhir universitas pilihan.

UIC College juga mempunyai jurusan musik teknologi yang bekerjasama dengan Farabi milik musisi kondang Dwiki Darmawan dan Music Director ternama Indonesia, Aghi Narotama.

"Ibaratnya, UIC College menawarkan paket lengkap bagi yang akan menempuh pendidikan di negara lain,” pungkas Aimee.(RO/OL-7)

BERITA TERKAIT