16 January 2020, 17:30 WIB

Akibat Efisiensi, Penambahan RTH DKI di 2019 Tak Capai Target


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PENAMBAHAN Ruang Terbuka Hijau (RTH) DKI Jakarta tidak mencapai target pada tahun lalu.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati menyebut target penambahan RTH tahun lalu adalah 23 hektare. Namun, angka itu gagal dicapai karena penurunan pendapatan Pemprov yang memaksa efisiensi anggaran. Suzi pun enggan menyebut berapa angka yang berhasil dicapai.

"Ya tidak capai target. Karena kita kan ada efisiensi kan. Tidak capai 23 hektare," kata Suzi kepada Media Indonesia di Balai kota, Kamis (16/1).

Suzi pun memastikan tahun ini target RTH akan lebih tinggi dari tahun lalu dan dapat dicapai dengan berbagai upaya salah satunya ditambahnya jumlah taman yang akan dibangun.

Tahun lalu ada 50 taman maju bersama (TMB) yang berhasil dibangun dari target 267 sampai 2022 mendatang. Untuk tahun ini ditargetkan ada 55 TMB yang dibangun di empat wilayah kota yakni Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.

"Tahun ini anggaran TMB Rp130 miliar. Kenapa tidak ada di Jakarta Pusat, karena tidak ada pengadaan lahan di situ. TMB itu harus dari pengadaan lahan lalu kita ikutkan masyarakat sekitar melalui Focus Group Discussion (FGD)," jelasnya.

Di samping itu, ada pula target pembangunan 20 taman yang melibatkan swasta baik melalui CSR atau swakelola.

"Contohnya di Taman Kembang Kerep di dekat pintu tol di Jakarta Barat itu pakai swakelola," terangnya.

Suzi juga menyebut dalam waktu dekat pihaknya akan meresmikan Taman Puring yang sudah direvitalisasi sejak tahun lalu.

"Kita cari dulu waktunya. Sudah selesai," imbuhnya.

Taman puring turut beserta empat taman lainnya direvitalisasi tahun lalu yakni Taman Tebet, Taman Mataram, Taman Langsat, dan Taman Tugu Tani. Total Rp140 miliar anggaran digelontorkan untuk merevitalisasi lima taman itu.

"Taman Puring selesai. Taman Mataram tinggal finishing. Untuk tiga lainnya dilanjutkan tahun ini." pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT