16 January 2020, 21:38 WIB

Mercedes-Benz Cibo Terlahir Kembali


Nurtjahyadi | Otomotif

MI/Nurtjahyadi
 MI/Nurtjahyadi
Mercedes-Benz C 180

MERCEDES-Benz Distribution Indonesia (MBDI) sepertinya tengah mencoba mengulang kesuksesan model C-Class generasi awal di periode tahun 90-an dengan model C180 yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dengan julukan CIBO.

Mengawali kiprahnya di tahun Tikus Logam ini perusahaan otomotif segmen premium itu kembali merilis model C-Class berkapasitas mesin 'paling kecil' tersebut.

C180 terbaru sejatinya hanya melengkapi varian C-Class yang sudah ada.

"Kami meluncurkan 'CIBO' ini untuk konsumen yang menginginkan sosok sedan eksekutif dengan harga yang relatif lebih terjangkau," ujar Deputy Director Marketing Communication MBDI Hari Arifianto.

Sedan yang sudah dirakit secara lokal ini dibanderol dengan harga Rp759 juta off the road DKI Jakarta.

Baca juga : Segerakan Cek Kendaraan Cegah Kerusakan Parah

Menjelaskan soal harga C180 yang dibanderol 'lebih murah' dari sedan entry level Merceds-Benz A200, Public Relations, Department Manager MBDI Dennis Kadaruskan mengatakan, "Itu beda segmen. A-Class lebih diperuntukkan bagi kalangan anak muda, sementara E-Class untuk para eksekutif."

Lebih jauh Dennis menuturkan, segmen muda tidak akan melirik C-Class karena tampilannya dianggap 'lebih dewasa' walaupun dibanderol lebih murah.

Begitu pula para eksekutif juga tidak akan melirik A-Class karena modelnya yang kurang cocok untuk karakter pribadinya.

President Director MBDI Choi Duk Jun mengatakan, varian C180 Avantgarde yang dirakit di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat itu sekaligus untuk melengkapi line-up C-Class yang sudah ada seperti C200 Avantgarde, C300 AMG line, C200 Estate Exclusive Line, C300 Coupe AMG Line, dan C200 Cabriolet AMG Line.

"Kami terus menawarkan produk yang luas dan lengkap dengan teknologi inovatif serta desain emosional, yang berarti kami memiliki kendaraan yang tepat untuk setiap pelanggan. Tahun ini, kami ingin memperbarui portofolio kami dengan lebih dari sepuluh model baru atau pembaruan model termasuk kendaraan yang dirakit secara lokal," kata Choi Duk Jun.

Baca juga : Saat Mobil Diterjang Air Bah

Sepintas 'CIBO' generasi baru ini tidak ada bedanya dengan C200 Avantgarde, beda yang paling mencolok di bagian eksterior ada pada bagian belakang dimana bagian bawah bumper tidak dilengkapi lubang knalpot. Hanya desain ornamen chrome saja yang sepintas menyerupai saluran sisa gas buang di ujung iri dan kanannya.

Begitupula dengan bagian interiornya, sepintas tidak akan terasa bedanya. Perbedaan paling mencolok adalah tidak adanya fitur ambience light, sementara fitur kelengkapan audionya tidak berbeda dengan varian C200 Avantgarde.

Varian Mercedes-Benz C180 Avantgarde baru ini diluncurkan bersamaan dengan diluncurkannya model Van premium the New Vito yang menyediakan kustomisasi bagi konsumen yang ingin memiliki kendaraan sesuai kebutuhannya. (OL-7)

BERITA TERKAIT