17 January 2020, 01:30 WIB

Shinjiro Koizumi Cuti Melahirkan untuk Ayah


MI | Hiburan

MENTERI Lingkungan Jepang Shinjiro Koizumi, 38, mengambil paternity leave atau hak cuti bagi pekerja laki-laki yang baru memiliki anak selama dua pekan penuh. Suami dari Christel Takigawa, 42, pesohor keturunan Prancis-Jepang, itu, menjadi menteri pertama di kabinet Jepang yang mengambil cuti jenis ini.

"Saya akan mengambil paternity leave selama dua minggu, pada bulan pertama kelahiran anak. Masa di mana seorang ibu menanggung beban berat. Untuk itu, saya telah menetapkan prioritas tugas-tugas negara dan menyusun manajemen krisis secara menyeluruh," ujar Koizumi seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/1).

Keputusan cuti putra mantan Perdana Menteri karismatik Junichiro Koizumi itu ramai diperbincangkan dan mendapat kritik dari anggota parlemen lainnya. Namun, hal itu dianggap lalu oleh Koizumi. Ia bahkan berharap langkahnya itu dapat menjadi contoh bagi para pekerja laki-laki Jepang lainnya.

Jepang sebenarnya termasuk negara yang tidak pelit dalam urusan kebijakan cuti melahirkan untuk orangtua. Pekerja laki-laki dan perempuan diperkenankan mengambil cuti hingga satu tahun, saat anak mereka lahir. Namun, hanya 6% ayah yang mengambil cuti ini, mengingat tekanan pekerjaan yang begitu tinggi. (Ant/H-2)

BERITA TERKAIT