16 January 2020, 18:34 WIB

40 Laptop di SMPN 33 Bekasi Digondol Maling


Gana Buana | Megapolitan

ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
 ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
Ilsutrasi

SEBANYAK 40 unit laptop dari SMP Negeri 33 di Jalan Taman Narogong Indah, Rawalumbu, Kota Bekasi hilang. Puluhan komputer portable tersebut hilang digondol maling saat disimpan di ruang Kepala Sekolah setempat pada Selasa (14/1) lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah menyampaikan, saat kejadian puluhan laptop tersebut memang sedang ditumpuk di ruang Kepala Sekolah setempat. Namun, pintu kantor Tata Usaha (TU) menuju ruang tersebut diduga dirusak menggunakan sebuah cairan.

“Nah, kunci ruang kepala sekolahnya gantung di tembok di ruangan tersebut,” kata dia saat dikonfirmasi, Kamis (16/1).

Inay menjelaskan, sebetulnya sekolah sudah memiliki petugas jaga. Namun, pada malam kejadian petugas jaga sedang tertidur pulas sehingga komplotang maling bebas beraksi.

Kamera Circuit Close Television (CCTV) di lingkungan sekolah pun sedang rusak sejak satu bulan lalu. Sehingga, bukti kejadian pelaku tidak bisa terekam.

“Yang jaga sedang tidur dan CCTV pun rusak udah sebulan lalu sebelum kejadian,” kata dia.

Inay mengaku, laptop tersebut merupakan perlengkapan penunjang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pembeliannya menggunakan anggaran belanja 2018 kemarin.

“Masih baru itu, ada yang merk Asus dan Lenovo. Sebetulnya ada 60 unit, sisa tinggal 20 unit,” lanjut dia.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Bekasi Tomur, Kompol Sutoyo menyampaikan, kasus tersebut sedang dalam penyelidikan. Gedung SMPN 33 Kota Bekasi yang tidak berpagar memudahkan pelaku untuk beraksi.

“Tidak berpagar, pencuri lompat dari tembok, belakang sekolah tanah kosong,” kata dia.

Pihaknya mengaku kesulitan mengungkap kasus tersebut. Sebab, saat ini CCTV di lokasi dalam keadaan rusak.

“Untuk pelaku belum bisa kami pastikan berapa orang, CCTVnya saat diperiksa juga sedang tidak berfungsi sudah lama,” tandas dia. (OL-4)

BERITA TERKAIT