16 January 2020, 17:16 WIB

Diguncang Dugaan Korupsi, Erick: Asabri Stabil


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
 ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN Erick Thohir

MENTERI BUMN Erick Thohir menegaskan kondisi keuangan PT Asabri masih dalam kondisi stabil. Kemudian menyerahkan pengusutan dugaan korupsi yang menyebabkan penurunan aset kepada penegak hukum.

"Kondisi keuangannya dalam keadaan stabil, tapi apa ada penyelewengan dari pada penurunan aset karena salah investasi kan ada prosesnya sendiri. Biar itu berjalan sesuai dengan aturannya dan tentu domain hukum bukan di Kementerian BUMN. Kalau kami kan lebih ke korporasinya," terangnya usai menemui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, Kamis (16/1).

Menurut dia, pihaknya melaporkan hal tersebut kepada Mahfud MD yang beberapa hari terakhir meminta langsung kepadanya. Kementerian BUMN menghormati pengusutan dugaan perkara korupsi di Asabri oleh kepolisian.

"Saya rasa dari pihak kepolisian sudah membuat statement seperti itu. Tentu hari ini kembali akan fokus ke Jiwasraya yang memang prosesnya sudah berjalan," katanya.

Mengenai operasional Asabri, Erick menjelaskan kondisinya basi berjalan normal. Kemudian sesuai perintah Presiden Jokowi pihaknya akan menjamin nasabah Jiwasraya dan Asabri sambil mendukung penegak hukum mengentaskan dugaan korupsi didua institusi tersebut.

"Jadi enggak usah ada isu yang lain. Isunya antara operasional berjalan baik tapi kalau ada penyelewengan ya itu proses hukum, seperti yang ada di Jiwasraya," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT