16 January 2020, 16:18 WIB

Masyarakat Harus Mencintai Hutan


Januari Hutabarat | Nusantara

BUPATI Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap hutan, dan mulai membudayakan penghijauan.

"Dampak buruk akibat penggundulan hutan harus ditanamkan kepada masyarakat. Dengan demikian masyarakat akan menjaga kelestarian hutan serta melawan bentuk godaan pelaku penebangan," kata Nikson, Kamis (16/1).

Diakuinya, berbagai bujuk rayu yang dilontarkan para pebisnis kayu kerap menghampiri masyarakat. Namun bujuk rayu tersebut akan mantul akibat jiwa sadar lingkungan yang telah dimiliki masyarakat.

"Kita harus mampu mengajak masyarakat untuk berpikir lebih arif, sehingga mereka tidak mengutamakan keuntungan sesaat namun berpikir untuk masa depan anak cucunya," ujarnya.

Pada kesempatan sama Kepala BPBD Tapanuli Utara, Bonggas Pasaribu menambahkan penggundulan hutan juga memicu bahaya longsor.

"Tapanuli Utara, yang berada pada deretan bukit barisan kerap mengalami bahaya longsor pada bagian sisi ruas jalan. Namun tidak berdampak pada jatuhnya korban jiwa," ujarnya.

baca juga: Dinkes Cianjur Bentuk Tim Khusus Kendalikan DBD

Diakuinya, banyak hal yang menyebabkan bahaya longsor tersebut terjadi. Misalnya pembukaan jalan yang tidak disertai penanaman pohon pada bagian sisi kiri dan kanan badan jalan, sehingga bila musim hujan kerap berdampak pada bahaya longsor. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT