16 January 2020, 16:05 WIB

Kolesterol dalam Telur Baik untuk Tubuh


Fetry Wuryasti | Weekend

123rf
 123rf
Kandungan kolesterol dalam telur bagus untuk tubuh.

PRO kontra kandungan kolesterol dalam telur kini mendapatkan titik terang. American Journal of Lifestyle Medicine dalam studi terbarunya menemukan penurunan efek konsumsi telur terhadap kolesterol.

Ahli gizi kesehatan masyarakat Dr Rosemary Stanton mengatakan, kolesterol dalam jumlah yang tepat menjadi zat penting untuk mendukung fungsi tubuh.

"Kita membutuhkan kolesterol berperan dalam membran sel dan memproduksi sejumlah hormon. Namun ini juga bisa menjadi masalah ketika konsumsinya berlebih," jelas Dr Stanton dikutip dari Sydney Morning Herald, Kamis (16/1).

Kolesterol bisa didapat dari sumber makanan seperti telur dan udang. Namun perdebatan sering terjadi di antara peneliti vegan yang anti telur dan industri yang pro-telur.

Kepala patologi kimia di Rumah Sakit Royal Prince Alfred Dr David Sullivan mengatakan jumlah kolesterol dalam makanan bukan penentu kadar kolesterol darah pada sebagian besar orang.

Telur adalah kolesterol nabati sumber nutrisi yang baik dan dapat dimasukkan dalam makanan yang sehat dan bervariasi.

"Telur bukan sumber utama 'kalori kosong', jadi mereka tidak mungkin berkontribusi pada obesitas," jelas Sullivan. (M-3)

Baca juga : Berkaca dari Billie Eilish, Standar Kecantikan Gen Z Berubah

 

BERITA TERKAIT