16 January 2020, 13:50 WIB

Rionny Mainaky Evaluasi Performa Tunggal Putri


Yakub Pryatama | Olahraga

TIGA wakil tunggal putri Indonesia tumbang di babak pertama Indonesia Masters 2020. Gregoria Mariska dkk belum bisa memanfaatkan keunggulan bermain di kandang sendiri, yakni di Istora Senayan, Jakarta.

Pada turnamen level Super 500 ini, Ruselli Hartawan ditaklukkan Michelle Li, pemain unggulan ketujuh asal Kanada. Ruselli dikalahkan Li dengan skor 14-21, 15-21.

Kepala Pelatih Tunggal Putri PP PBSI Rionny Mainaky menilai Ruselli masih kurang sabar dan belum bisa mempertahankan tren penampilannya yang tengah menanjak.

"Padahal kemarin sudah bagus mainnya waktu lawan Pai Yu Po (Taiwan), sudah bisa kuasai lapangan, tidak buru-buru. Kalau tadi melawan Li bisa kontrol sedikit lagi, bisa menang itu. Ia harus lebih bersabar dan mengetahui karakter lawan," ujar Rionny.

Seniornya, Fitriani pun masih belum bisa mengatasi perlawanan Han Yue, pemain asal Tiongkok. Fitriani menyerah dengan skor cukup telak 6-21, 17-21.

Baca juga:  12 Wakil Indonesia Lolos ke Babak Kedua Indonesia Masters

Rionny melihat ketidakyakinan Fitriani ketika bermain di lapangan. Hal itulah yang akan jadi fokus Rionny untuk memperbaiki penampilan pemain asal PB Exist itu.

Pebulu tangkis andalan tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung, akhirnya harus mengakui keunggulan pemain Jepang, Akane Yamaguchi, setelah berjuang di tiga gim, 21-12, 15-21, 22-24.

Gregoria memang memperlihatkan perlawanan ekstra saat meladeni permainan Yamaguchi. Atas penampilannya itu, Gregoria mendapat apresiasi khusus dari Rionny.

Menurutnya, Yamaguchi adalah pemain yang ulet. Ia sabar dan bisa membaca serangan.

Rionny juga menilai Gregoria sudah tampil seratus persen, terutama di gim ketiga. Namun Yamaguchi yang bermain tanpa banyak kesalahan, membuat Gregoria harus mengakhiri perjuangannya.

"Lebih baik lagi kalau kesalahannya dikurangi, karena ulet sekali Yamaguchi itu. Ya penampilan Gregoria bagus, tapi kalau menang pasti lebih puas," ucap eks pelatih tim bulu tangkis Jepang itu. (badmintonindonesia.org/OL-5)

BERITA TERKAIT