16 January 2020, 10:33 WIB

Menteri PUPR Raih Gelar Doktor Kehormatan dari ITB


Bayu Anggoro | Humaniora

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dianugerahi doktor kehormatan oleh Institut Teknologi Bandung, Kamis (16/1). Penghargaan ini diberikan karena Basuki dianggap memberi kontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara.

Penganugerahan diberikan bertepatan dengan peringatan 100 tahun ITB. Ketua Tim Promotor ITB, Indratmo Soekarno, mengatakan doktor kehormatan yang diterima Basuki dalam bidang pengembangan, pembangunan, dan pengelolaan infrastruktur, khususnya dalam bidang sumber daya air dan tahan gempa. Menurutnya, Basuki telah menghasilkan karya iptek  yang sangat bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan bangsa.

"Pembangunan infrastruktur yang saat ini secara masif tidak terlepas dari peran Dr. Basuki," kata Indratmo.

Di antara hasil nyatanya adalah mampu mewujudkan pembangunan 65 waduk/bendungan di Indonesia, guna menaikkan kapasitas tampungan air dari 12,46 miliar m3/tahun menjadi 16,27 miliar m3/tahun.

"Pembangunan ini menjadi prasarana utama untuk dapat mewujudkan ketahanan pangan dan mengendalikan daya rusak air," katanya.

Selain itu, menurutnya Basuki juga telah menyelesaikan tanggungjawab dalam pembangunan jaringan irigasi baru untuk mengairi sawah seluas 860.015 hektare. Pada aspek kegempaan, Basuki telah berhasil merancang infrastruktur tahan gempa yang diakui internasional.

baca juga: BPJS Kesehatan Masih Berproses Bayar Utang ke Faskes

"Berdasarkan prestasi dan kontribusinya dalam pembangunan, tim promotor meyakini bahwa Dr. Basuki Hadimuljono telah menghasilkam karya nyata, sehingga memenuhi ketentuan senat ITB untuk menerima penghargaan gelar doktor kehormatan," katanya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT