16 January 2020, 12:45 WIB

Piala Afrika Kembali Digelar pada Januari-Februari untuk 2021


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PIALA Afrika akan kembali digelar seperti sebelumnya, pada Januari-Februari, saat perhelatan yang akan datang pada 2021. Hal itu diungkapkan tuan rumah Piala Afrika, Kamerun, Rabu (15/1).

Penyelenggara turnamen serta Federasi Sepak Bola Kamerun (Fecafoot) mengungkapkan bahwa turnamen itu akan dimainkan antara 9 Januari dan 6 Februari 2021 setelah pertemuan dengan Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) Ahmad Ahmad di Yaounde.

Pernyataan di laman daring CAF mengatakan panitia Piala Afrika meminta jadwal diubah karena kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Baca juga: Jordi Cruyff Resmi Tangani Timnas Ekuador

Piala Afrika digeser ke periode Juni-Juli pada tahun lalu saat turnamen itu untuk pertama kalinya mempertemukan 24 tim di Mesir. Perubahan jadawl itu dilakukan agar tidak bertabrakan dengan jadwal kompetisi di Eropa.

Namun, kompetisi yang dimenangkan oleh Aljazair itu berlangsung dalam kondisi cuaca yang sangat panas. Adapun, Juni dan Juli di Kamerun sedang musim hujan.

Karenanya, penyelenggara Piala Afrika mengaku sepakat mengubah jadwal setelah berunding dengan pakar meteorologi serta perwakilan pemain dan pelatih.

Perubahan jadwal Piala Afrika itu juga menguntungkan bagi FIFA mengingat mereka akan pertama kali menggelar Piala Dunia Antarklub yang diikuti 24 tim di Tiongkok pada Juni dan Juli 2021. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT