15 January 2020, 20:50 WIB

PSI Pasrah Soal Ambang Batas Parlemen


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

MI/ Ramdani
 MI/ Ramdani
Dara Nasution

PARTAI  Solidaritas Indonesia (PSI) siap mengikuti keputusan terkait ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) di DPR dan DPRD.

Juru Bicara PSI, Dara Nasution, mengatakan, pada dasarnya PSI menyerahkan kepada partai-partai yang ada di parlemen untuk memutuskan berapa angka PT. PSI mengaku siap dengan berapapun PT yang ditetapkan oleh DPR.

"PSI optimis dapat menyiapkan diri untuk mencapai treshold dalam 4 tahun ke depan," ujar Dara, ketika dihubungi, Rabu, (15/1).

 

Baca juga: Calon Tunggal di Pilkada 2020 Diprediksi Meningkat

Sama halnya dengan PT di DPR, Dara mengatakan PSI juga siap menerima hasil keputusan mengenai PT di DPRD. Namun, ia berharap bila jadi diterapkan, ada alasan jelas dan terbuka atas penerapan tersebut.

"Iya pada dasarnya kita mengikuti keputusan fraksi DPR saja. Cuma ya itu tadi, mesti jelas argumennya apa," ujar Dara.

Seperti diketahui, rakernas PDIP yang berakhir pada Minggu, (12/1) lalu menghasilkan dua rekomendasi. PDIP ingin Pileg kembali menerapkan sistem proporsional tertutup atau pemilih hanya mencoblos parpol, sementara caleg yang masuk DPR ditentukan parpol.

Kedua, terkait PT, PDIP juga ingin meningkatkan PT di DPR dari saat ini 4% menjadi 5%. PDIP juga ingin agar PT diberlakukan di DPRD provinsi dan kabupaten/kota. (OL-8)

BERITA TERKAIT