16 January 2020, 04:20 WIB

Bereksperimen dengan Berbagai Platform


(uca/M-3) | Humaniora

SUKSES menjajal platform Instagram, Podcast, hingga Youtube, Rizky ke depannya berencana untuk bereksperimen dan mengembangkan cerita horornya. Ia tengah menjajaki kerja sama mengembangkannya menjadi gim dan komik daring (webtoon) dengan perusahaan Agate dan CIAYO.

"Nanti ada beberapa (cerita) yang dipilih menjadi game, terus kita juga menjajaki untuk bikin webtoon. Ke depan saya juga lagi godok cross platform, nanti saya mau bikin tulisan di mungkin kayak Wattpad, kurasi-kurasi cerita. Terus radio, kan juga kebetulan saya sering dihubungi radio untuk bercerita," tuturnya.

Tidak hanya digital, beberapa cerita horor telah dibukukan penerbit Bukune pada 2019. Melihat animo yang cukup bagus, Rizky lantas diminta penerbit menyusun kembali buku cerita horor. Buku yang ingin diterbitkan Rizky bukan kumpulan cerita horor, melainkan satu cerita yang utuh.

Setelah dua podcast yang sukses, Rizky berencana membuat podcast dengan topik lainnya. Sayangnya Rizky belum mau membocorkan topik yang akan diangkat. Selain itu, pengalamannya di Rumah Eyang yang sempat trending pada 2018, dalam proses pembuatan film.

Banyaknya platform itu bukan tanpa alasan. Rizky mengaku gampang bosan dan gemar mengeksplorasi hal baru. Mungkin kebiasaan itu membawa Rizky kini berkecimpung dengan berbagai platform konten dan membuat namanya dikenal luas.

"Saya tuh dari dulu emang enggak punya cita-cita, saya punya habit yang bosenan, saya selalu mencari hal baru yang men-challenge saya, termasuk kreator konten ini," ungkap Rizky.

Pernyataan Rizky bisa dimahfumi. Pasalnya, dulu ia mengenyam pendidikan S-1 di Jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), tapi berkecimpung di bidang di luar keilmuan itu. Meski telah membesarkan namanya, Rizky menyebut podcast hanya sampingan, pekerjaan utamanya ialah bisnis beras organik.

Pria kelahiran Salatiga itu mengungkapkan pascalulus kuliah pada 2008, ia merintis usaha beras organik dan empat tahun setelahnya membuka usaha toko kue 24 jam di Jakarta. Tak hanya itu, Rizky juga memiliki bisnis desain interior serta bisnis lainnya. Semuanya ia jalani secara saksama dan paralel dengan dunia kreator konten.

"Kebetulan dari situ saya bersentuhan dengan dunia yang baru karena sebelumnya beda banget dunianya dengan kewirausahaan yang saya lakukan selama ini dengan dunia konten kreator," terang Rizky.

"Usaha tentu saya tidak tinggalkan sama sekali, malah itu utama buat saya. Ini (podcast) sampingan buat saya, tapi profesi yang menarik, yang luculah saat ini. Sekarang sih kalau orang nanya profilnya apa, saya minta tuliskan aja podcaster dan entrepreneur," sambungnya. (uca/M-3)

Biodata

Nama: Rizky Ardi Nugroho

Tempat, tanggal lahir: Salatiga, 22 Januari 1985

Pendidikan: S-1 Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM

Penghargaan:

- Pemenang Shell LiveWIRE Start-Up Award 2008

- AIM2Flourish Goal No 2 (Zero Hunger) Winner, Cleveland, Ohio 2017

BERITA TERKAIT