15 January 2020, 19:44 WIB

Menkes Imbau Seluruh Pihak Waspadai Virus Baru Tiongkok


Andhika Prasetyo | Humaniora

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau kepada seluruh pihak untuk mewaspadai potensi penyebaran virus baru dari Tiongkok.

Pelabuhan-pelabuhan dan bandara-bandara yang menjadi pintu masuk bagi warga negara asing terutama yang berasal dari Negeri Tirai Bambu diminta meningkatkan kewaspadaan.

"Semua pintu masuk baik bandara maupun pelabuhan sudah siaga semua. Mereka menggunakan termo scan, alat-alat detektor dan sebagainya terutama untuk mengantisipasi masuknya virus yang sekarang baru merebak di Wuhan," ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/1).

Bahkan, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk jika virus tersebut masuk ke wilayah Indonesia, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah langkah prosedur penanganan.

"Kita punya rumah sakit khusus yang punya ruang-ruang isolasi. Kita akan gunakan itu. Semua akan kita dorong untuk melakukan pencegahan adanya wabah," tandasnya.

Sebelumnya, World Health Organization (WHO) telah memperingatkan munculnya virus baru di Tiongkok. Virus yang menyebabkan pneumonia itu sudah menyerang 41 orang di daerah asalnya pada Desember 2019. Kemudian, pada 14 Januari, kasus serupa ditemukan di Thailand. (OL-11)

BERITA TERKAIT