15 January 2020, 18:49 WIB

Lebih Efisien & Efektif, Dana BOS langsung Disalurkan ke Sekolah


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

Antara/Yudhi Mahatma
 Antara/Yudhi Mahatma
Sekretaris Jenderal Kemendagri, Ainun Naim

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan mengubah pola penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) mulai tahun ini dari sebelumnya melalui pemerintah daerah, kini langsung disalurkan ke sekolah.

Sekretaris Jenderal Kemenrterian Pendidikan dan Kebudayaan Ainum Naim mengatakan, kebijakan penyaluran langsung ke sekolah dinilai lebih efektif karena dana akan langsung sampai kepada pihak yang berkepentingan.

“(Penyalurannya) dari Kementerian Keuangan langsung ke sekolah. Ini supaya lebih efisien dan lebih cepat tersalur karena jalunya langsung,” kata Ainun saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (15/1).

Baca juga ; Pengawasan Pemanfaatan Dana BOS Diperketat

Dalam proses penyaluran, Kemendikbud akan berkolaborasi dengan Kemenkeu lewat pemberian data sekolah untuk menentukan jumlah dana yang dibutuhkan. Sedangkan Pemda berperan untuk mengawasi kinerja sekolah dengan penggunaan dana BOS.

“Sekolah-sekolah sekarang di bawah pemerintah daerah, SD dan SMP untuk Kabupaten dan SMA untuk Provinsi. Mereka memoniter terkait kinerja sekolah,” ujarnya.

Sedangkan terkait pengawasan dalam pengelolaan dana BOS ke depannya, Ainun mengatakan, sudah ada perangkat-perangkat yang bertugas untuk mengawasi.

“Di Kementerian tentu ada guideline, kemudian ada Inspektorat di daerah-daerah juga ada inspektorat daerah untuk mengawasi nanti,” tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT