15 January 2020, 14:08 WIB

Antisipasi Banjir, Bupati Lamongan Cek Tanggul


Ahmad Yakub | Nusantara

MI/Ahmad Yakub
 MI/Ahmad Yakub
Bupati Lamongan Fadeli 

MENINGKATNYA debit permukaan sungai di Kabupaten Lamongan, Jatim, membuat forum pimpinan daerah (Forpimda) melakukan pengecekan sejumlah tanggul Bengawan yang kritis dan persiapan sarana penanggulangan bencana. Upaya itu sebagai antisipasi menjelang bencana banjir tahunan melanda wilayahnya.

"Bersama sejumlah unsur Forpimda, bupati mengecek kesiapan sarana prasarana penanggulangan bencana," terang Plt Kabag Humas dan Protokoker Pemkab Lamongan, Arif Bachtiar, Rabu (15/1) siang.

Menurut dia, intensitas curah hujan yang tinggi, baik di hulu maupun di hilir sungai Bengawan membuat permukaan debit air Bengawan mengalami peningkatan  signifikan dalam sepekan terakhir. Meski belum dalam level siaga bencana, hal itu membuat semua unsur yang terkait penanganan bencana di lingkungan Pemkab Lamongan bersiap mengantisipasi. Termasuk menyiapkan sarana dan prasarana penanggulangan bencana.

"Dan kesiapan itu juga dicek langsung oleh Pak Bupati minggu lalu," ungkapnya.

Bersama Forpimda, Bupati Fadeli juga  melakukan sidak menyusuri tanggul yang kritis dan  melihat kesiapan pompa banjir. Dalam sidak menyusuri tanggul itu, Bpati Fadeli menggunakan motor trail, bersama Kapolres AKB Harun dan Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono, Kepala BPBD Yuhronur Efendi, serta Kepala Pelaksana BPBD Mugito.

baca juga: Seniman Ramaikan HUT-11 Majelis Sastra Bandung

Rombongan juga menyinggahi sejumlah tanggul yang mengalami sleding di Kalitengah serta mengecek pintu air floodway Pelangwot Kecamatan Laren.

"Bupati menyatakan ingin pastikan semua siap. Sehingga ketika nanti diperlukan, semua tinggal digerakkan secara terpadu," ujar Arif menirukan Bupati Fadeli saat di Sluis Kuro.Dia menyebut kegiatan itu sebagai langkah antisipasi. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT