15 January 2020, 13:48 WIB

Seniman Ramaikan HUT-11 Majelis Sastra Bandung


Sugeng Sumaryadi | Nusantara

MAJELIS Sasta Bandung (MSB) memasuki usia 11 tahun, dan masih tetap konsisten dalam kegiatan sastra. Di antaranya Tadarus puisi dan pengajian Sastra. Tahun ini, perayaan ulang tahun akan digelar pada Sabtu 18 Januari 2020 di Balai Bahasa Jawa Barat Jl Sumbawa 11, Kota Bandung. Sejumlah penyair akan membacakan puisinya, di antaranya Yayan Katho, Opik Rozensky, Chandya, Jhon Heryanto, Nani Sulyani, Syarif dan Dewi Rwi Ratna MSB merupakan komunitas sastra nirlaba, yang berdiri berdiri pada 25 Januari 2009 di Bandung. Didirikan oleh penggiat sastra seperti Dedy Koral, Aendra Medita, Matdon, Hermana HMT, Hanief, Ayi Kurnia, dan Yusef Muldiyana.

"Aktivitas rutinnya Pengajian Sastra dengan cita-cita menggali kembali gairah para penyair muda Bandung. Menghidupkan kembali ruang-ruang diskusi yang pernah hidup beberapa waktu lalu," tutur Ratna M Rochiman, Ketua Panitia, Rabu (15/1).

Pengajian Sastra berlangsung rutin, sebulan sekali. Pengajian berisi diskusi sastra dengan tema beragam, mulai dari mengkaji ilmu dan pengetahuan tentang sastra. Di dalamnya meliputi puisi, novel, cerpen, teater, film, dan musik.

baca juga: Desa Manggung Jadi Objek Wisata Baru

Pengajian Sastra telah mengundang sejumlah penyair untuk menghidupkan Majelis ini. Nama penyair Indonesia yang telah memberikan kontribusi dalam acara MSB antara lain Acep Zamzam Noer, Afrizal Malna, Binhad Nurohmat, Ahmad Subbanudin Alwi, Hawe Setiawan, Soni Farid Maulana, Syafrina Noorman, Imam Abda, Ahda Imran, Irfan Hidayatullah, Eriyanti
Nurmala Dewi, Nenden Lilis Aisyah, Septiawan Santana, Yopi Setia Umbara, Herri Maja Kelana, Anwar Kholid, dan sejumlah sastrwaan nasional lainnya. Awal tahun ini MSB menerbitkan 4 buku puisi, antara lain, Yang Tersisa, Pelangi Hari, Memeluk Senja, dan Kepada Luka. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT