15 January 2020, 13:20 WIB

Figur NU Diharapkan Muncul Dalam Pilkada Kalsel


Denny Susanto | Nusantara

FIGUR-figur dari kalangan Nahdlatul Ulama diharapkan muncul dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kalimantan Selatan. Pertarungan memperebutkan kursi Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel diprediksi kurang sengit.

"Kita berharap kader-kader NU memainkan peran dan muncul dalam pilkada nanti," ungkap Katib Syuriah Pengurus Wilayah NU Kalsel, KH Syarbani Haira, Selasa (14/1) dalam perbincangan seputar politik lokal jelang Pilkada serentak di Kampus Universitas NU Kalsel.

Dikatakan Syarbani dalam perjalanan politik lokal di Kalsel, NU sangat berperan dengan memunculkan kader maupun sosok yang dekat dengan NU sebagai pemenang Pilkada baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Mengutip data nasional BPS pada Sensus 2010 tercatat sebanyak 87,2 persen penduduk Indonesia adalah muslim. Dan 70 persen dari jumlah penduduk muslim ini adalah warga NU.

Di Kalsel yang dikenal sebagai daerah religi, jumlah penduduk muslim jauh lebih besar dari data nasional demikian juga dengan warga NU.

"Kelompok muda atau generasi milenial NU, salah satunya Ikatan Sarjana NU harus bisa memainkan peran dalam konstelasi politik yang bermuara pada tujuan pembangunan daerah," ujarnya.

Ketua PWNU Kalsel, Abdul Haris Makkie yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kalsel beberapa waktu lalu mengatakan NU merupakan aset penting dalam pembangunan baik daerah maupun nasional. Saat ini NU terus berupaya membangkitkan diri baik secara organisasi maupun kader atau sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing dengan investasi SDM.

baca juga: Koster Ajak Warga Bali Lindungi Sumber Mata Air

Pilkada serentak 2020 di Kalsel meliputi Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur dan Bupati-Wakil Bupati pada tujuh kabupaten/kota. Salah satu figur kader NU yang akan bertarung adalah Berry Nahdian Furqan yang kini menjabat Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah. Sedangkan Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel diprediksi kurang sengit karena hingga kini belum muncul calon-calon yang akan bersaing. Selain kepastian petahana Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan calon rivalnya akademisi Denny Indrayana. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT