15 January 2020, 13:45 WIB

Menteri Jepang Jadi yang Pertama Ambil Cuti Ayah


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Toshifumi KITAMURA
 AFP/Toshifumi KITAMURA
Shinjiro Koizumi

MENTERI Lingkungan Hidup Jepang Shinjiro Koizumi, Rabu (15/1), mengatakan dia akan mengambil cuti ayah selama dua pekan. Ini merupakan kali pertama anggota kabinet mengambil cuti ayah sepanjang sejarah negara tersebut.

Koizumi, 38, yang menikah dengan seorang pembawa acara televisi, dalam sidang kabinet mengaku dirinya kesulitan menyeimbangkan antara tugasnya sebagai menteri dengan keinginannya mendampingi anaknya yang baru lahir.

Baca juga: ASEAN Resmi Punya Laman Daring Pariwisata

"Saya ingin mendapatkan kebebasan total selama dua pekan dari tugas dan hanya membuat pengecualian untuk tugas-tugas penting," ujarnya sembari menambahkan berharap keputusannya akan membantu mengubah persepsi dan mendorong ayah-ayah lain untuk mengambil keputusan yang sama.

Koizumi mengatakan dia tidak akan mengambil cuti itu secara berurutan dan mengaku akan bekerja secara remote selama dua pekan yang akan berlangsung selama tiga bulan sejak kelahiran bayinya.

Pemerintah Jepang mendukung langkah Koizumi itu dan mengatakan penting untuk menciptakan atmosfer kerja yang kondusif dan mendukung pria untuk mengambil cuti ayah. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT