15 January 2020, 12:43 WIB

Gerak Maju Pemerintahan Jokowi, Akbar Faizal: Borok Lama Terbuka


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

POLITIKUS Partai NasDem Akbar Faizal mengatakan salah satu dari sekian gerak maju sistem pengelolaan negara yang baik di pemerintahan Joko Widodo adalah terbukanya borok-borok lama yang tidak diketahui waktu mulai terjadinya.

Hal ini menyikapi banyaknya kasus di perusahaan pelat merah yang mulai terkuat seperti pencantuman laba fiktif oleh Asuransi Jiwasraya dan juga persoalan pada Asabri.

"Borok-borok lama seperti kesalahan manajerial BUMN dan merugikan negara hingga mencapai angka yang tidak masuk akal. Sikap Presiden Jokowi yang mendorong perbaikan pengelolaan BUMN dengan segala cara adalah niat baik yang harus disikapi dan dilaksanakan oleh seluruh elemen penyelenggara negara," kata Akbar melalui keterangan resmi, Rabu (15/1).

Baca juga: KBUMN Apresiasi Kejagung Gerak Cepat Proses Kasus Jiwasraya

Kerugian negara dari model kerja BUMN seperti ini, lanjut Akbar, bukan dampak dari sebuah kesalahan jangka pendek. Kerusakannya menjadi tak terkira sebab terjadi pembiaran baik secara sengaja maupun karena ketidakmampuan manajerial para pengelolanya.

"Kepada para terduga penyebab kerugian negara ini harus bertanggungj awab secara hukum, baik sebelum pemerintahan Jokowi maupun mereka yang menjadi bagian pemerintahan Jokowi. Kata kunci dari berbagai kasus terbaru seperti Jiwasraya dan Asabri adalah ketidakmampuan, pembiaran dan kesengajaan," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT