15 January 2020, 09:15 WIB

BNPB Lakukan Mitigasi Bencana dengan Vetiver dan Porang


Nur Azizah | Humaniora

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana menanam tumbuhan vetiver atau angkat wangi dan Porang untuk mitigasi bencana. Dua tumbuhan itu bakal ditanam secara masif di daerah rawan bencana.

Vetiver merupakan jenis tanaman rumput yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Sementara Porang adalah tanaman jenis umbi-umbian yang digunakan untuk pembuatan shirataki.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan pihaknya tengah memetakan wilayah mana saja yang akan ditanami. Saat ini, BNPB baru meneliti kawasan Lebak dan Bogor.

"BNPB sedang melakukan pemetaan sejumlah daerah sehingga nanti bisa kelihatan berapa luas area yang perlu di lakukan reforestasi. Dari kita bisa menentukan mana yang harus ditanami vetiver, di kemiringan berapa, terus ditanam tanaman keras," kata Doni di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (14/1).

Selain dua tanaman itu, BNPB juga akan melakukan reforestasi dengan menanam tanaman keras yang memiliki nilai ekonomis. Tanaman keras itu antara lain adalah aren, sukun, alpukat, hingga Puspa.

"Jadi, ini akan dikombinasikan. Jadi, mereka tidak perlu lagi menebang pohon (untuk menanam palawija). Mereka bisa tanam itu (vetiver dan porang), bisa mendapatkan nilai ekonomis," ungkapnya.

Doni menyebut langkah ini tidak akan berhasil bila dilakukan BNPB semata. Dia ingin masyarakat ikut bergerak.

"Mudah-mudahan ini bisa membuat masyarakat tertarik, kalau tanaman-tanaman ini dibudidayakan mereka kan harus menjaga tanaman pelindungnya juga. Jadi, tanaman pelindungnya tidak dirusak, sehingga kondisi lereng gunung itu terpelihara," pungkas dia. (OL-2)

BERITA TERKAIT