14 January 2020, 23:10 WIB

ADPI Minta Kasus Jiwasraya Diusut Tuntas


Despian Nurhidayat | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat mengenakan rompi tahanan

KETUA Asosiasi Dana Pensiun Indonesia, Suheri mengatakan bahwa kasus Jiwasraya diusut hingga terang benderang. Hal ini untuk menjaga kepercayaan investor untuk berinvestasi di pasar saham.

Suheri menambahkan selain menghukum pelaku, pemerintah juga harus membuat kebijakan yang akan mengembalikan kepercayaan publik.

"Tolong, buat kebijakan untuk membatasi para pelaku untuk tidak bisa kembali melantai ke bursa atau bermain saham. Karena hal seperti ini sudah berlangsung sejak lama dan saya yakin orang yang main di belakang ini semua itu-itu saja. Orang seperti ini hukum saja nggak boleh main bursa seumur hidup," ungkapnya ketika ditemui di Financial Club Jakarta, Sudirman, Selasa (14/1).

 

Baca juga: Dua Tersangka Kasus Jiwasraya Ditahan di Rutan KPK

 

Lebih lanjut, Suheri mengatakan ia meyakini Bursa Efek Indonesia skema permainan saham Jiwasraya. Permasalahannya ialah baik itu BEI, Otoritas Jasa Keuangan, dan berbagai pihak tidak berani untuk melakukan tindakan.

Suheri menggambarkan contoh kasus yakni Novel Baswedan. Dia merasa bahwa pelaku kejahatan kasus Novel sudah diketahui dari dulu, namun tidak ada pihak yang berani untuk mengungkapnya hingga akhirnya ada desakan publik.

"Saya terus terang, orang-orang seperti ini tidak bisa dibiarkan karena mereka merugikan kita. Buat apa mempertahankan orang yang merugikan, udah selesaikan saja," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT