14 January 2020, 22:24 WIB

KPU Pastikan Anggaran Pilkada 2020 Cukup


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

KETUA KPU RI Arief Budiman memastikan kepada jajaran di bawahnya bahwa anggaran pilkada 2020 yang telah disepakati oleh KPU daerah dengan pemda setempat cukup untuk gelaran pILKADA 2020. Hal itu disampaikannya saat menanggapi pertanyaan Komisi II mengenai anggaran KPU yang telah ditandatangani NPHD sebesar Rp9,9 triliun.

"Saya sudah memastikan kepada teman-teman di 270 daerah, ketika tanda tangan NPHD, Anda punya komitmen anggaran yang ada itu cukup. Itu harus jadi komitmen masing-masing pihak untuk memenuhi dan menjalankan pilkadanya dengan baik," katanya dalam rapat bersama Komisi II DPR RI, di ruang Komisi II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/1).

Sebagai informasi, usulan anggaran yang diajukan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota kepada pemda sebesar Rp11,9 triliun. Namun, usulan yang telah diteken NPHD sebesar Rp9,9 triliun. Ada selisih sekitar Rp2 triliun.

Meski begitu, ada beberapa daerah yang masih bermasalah terkait anggaran pilkadanya karena ada pemangkasan secara sepihak. Terkait itu, pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Keuangan Daerah.

Sebelumnya, dalam rapat tersebut, Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mempertanyakan apakah anggaran yang telah disetujui pemda sebesar Rp9,9 triliun tersebut cukup atau tidak untuk pelaksanaan pilkada 2020. Ia tidak mau jika kekurangan anggaran dijadikan alasan ketika pilkada nantinya tidak berjalan optimal.

"Apakah ada pengaruh terhadap anggaran yang diusulkan dengan nilai yang ditetapkan? Karena anggaran sebesar 2 T itu bukan jumlah yang sedikit. Jangan nanti hal tersebut dijadikan alasan oleh KPU akibat penyelenggaraan pilkada yang tidak berjalan seperti yang diharapkan," terangnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT