14 January 2020, 21:40 WIB

Tae-Yong Ingin Timnas U-19 Main Tempo Tinggi Di Piala Dunia U-20


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Antara/Hafidz Mubarak A
 Antara/Hafidz Mubarak A
Seleksi pemain Timnas U-19 

PELATIH timnas Indonesia Shin Tae-yong menekankan tim nasional U-19 harus memiliki ketahanan fisik yang mumpuni. Ia mengatakan hal itu penting untuk menopang permainan tempo tinggi yang ingin ia terapkan nantinya di Piala Dunia U-20 2021.

"Jangka panjangnya bagaimana bisa membangun timnas indonesia yang bermain dalam tempo tinggi (high intensity), karena memang level permainan di Piala Dunia itu harus bisa memainkan tempo tinggi dalam waktu 2x45 menit," kata Tae-Yong, di Cikarang, Jawa barat Selasa (14/1).

Tae-Yong mengatakan pada seleksi hari kedua timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, para pemain dinilainya memiliki skill olah bola yang cukup baik.

Namun, Bagus Kahfi dan kawan-kawan belum memiliki ketahanan fisik yang memadai.

"Melihat dari apa yang dia pelajari dari sisi permainnan, skill, pemain Indonesia memang cukup baik. Cuma memang untuk bisa bermain high intensity belum lihat seperti itu," ujarnya.

Baca juga : PSSI belum Putuskan Pemasok Jersey Timnas

Pada sesi seleksi hari kedua ini, tim pelatih membagi latihan menjadi dua sesi, pagi dan sore. Untuk pemain sendiri, dibagi kedalam empat kelompok. Dua kelompok di pagi hari, dan dua lainnya untuk sesi sore.

“Kami membagi tim ini agar mempermudah kerja tim pelatih dalam menyeleksi pemain. Lagi pula, dalam latihan ini kami ingin pemain langsung bermain di lapangan penuh. Tadi pemain langsung fokus latihan fisik dan juga terlibat dalam permainan satu pertandingan,” tukas Tae-Yong.

“Saya katakan ke pemain, mereka harus terus meningkatkan kemampuannya. Meski sudah berada di level mereka saat ini, sedikit demi sedikit, harus mereka tingkatkan. Saya harapkan mereka terus bersemangat dalam mengikuti latihan dan seleksi untuk tim ini,” tambahnya.

Seperti diketahui, seleksi timnas U-19 pada hari kedua diikuti 53 nama. Dua nama mengikuti seleksi hari ini, yakni Braif Fatari dan Jack Brown yang merumput di Inggris.

Sedangkan enam nama lainnya belum bisa mengikuti seleksi karena menjalani program Garuda Select di Italia, yakni Rizky Muhammad, Brylian Aldama, David Maulana, Fajar Fatur, Bagus Kafffa dan Andre Oktaviansyah.

Proses seleksi untuk tim nasional Indonesia U-19 akan berakhir pada Jumat (17/01). Nantinya pemain yang lolos seleksi akan dikerucutkan menjadi 30 nama dan akan melanjutkan pemusatan latihan di Thailand.

Tim ini dipersiapkan untuk mengarungi turnamen AFF U-19 yang akan berlangsung di Indonesia beberapa bulan ke depan. (OL-7)

BERITA TERKAIT