14 January 2020, 18:57 WIB

King Kazu, si Gaek yang Belum mau Gantung Sepatu


adiyanto | Sepak Bola

ANDA masih ingat Kazuyoshi Miura, striker timnas Jepang di era 90-an? Di usianya yang bakal menginjak ke-53 tahun bulan depan, pemain yang akrab disapa King Kazu ini, ternyata belum pensiun dari sepak bola.

Striker yang kini bermain untuk Yokohama FC ini berencana memperpanjang kontraknya hingga beberapa tahun ke depan.

Miura yang bermain di Yokohama sejak 2005 menjadi pemain tertua yang masih merumput di sebuah klub profesional. Musim lalu, Miura hanya tampil tiga kali bersama klubnya di J2-League dan tak mencetak satu gol pun. Namun demikian, dia belum mau gantung sepatu hingga usianya menginjak 60 tahun.

Menurut Miura dia sangat menikmati sepak bola dan berupaya membawa klubnya ke posisi teratas Liga Jepang. "Saya akan memberikan yang terbaik agar tim ini juara," ujarnya, seperti dikutip AFP, Selasa (14/1). Musim depan, Yokohama FC yang musim lalu menjadi runner up di J2 League, bakal tampil di divisi utama Liga Jepang.

Sejak 2017, Miura memegang rekor sebagai pesepak bola profesional tertua yang masih merumput dan mencetak gol. Dia memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang pemain Inggris, Stanley Matthews.

Pemain yang telah 35 tahun berkarier di lapangan hijau ini, pernah melanglang buana dan bermain di sejumlah klub. Ketika Liga Jepang belum lagi terbentuk, pada 1982, Miura memutuskan hijrah ke Brasil untuk bermain di klub lokal. Klub profesional pertamanya di negeri Samba yakni bersama Santos FC pada 1986.

Miura memulai debutnya di timnas Jepang pada 1990. Meski telah 89 kali tampil memperkuat Samurai Biru dan mencetak 55 gol, Muira gagal masuk tim utama timnas Jepang pada Piala Dunia 1998 yang dihelat di Prancis.

Saat Liga Jepang dibentuk pada 1993, Miura merupakan salah satu bintang di kompetisi tersebut. Saat itu dia bermain untuk Verdy kawasaki. Penampilannya kemudian memikat klub seri A Genoa dan menjadi pemain Jepang pertama yang bermain di Italia. (A-4)

BERITA TERKAIT