14 January 2020, 14:31 WIB

Kanada Belum Putuskan Biaya Keamanan Pangeran Harry dan Meghan


Rifaldi Putra Irianto | Internasional

SETELAH mendapatkan Izin Ratu Elizabeth II untuk tinggal paruh waktu di Kanada, Pangeran Harry dan Meghan Markle nantinya akan tinggal bergantian antara Inggris dan Kanada.

Izin tersebut diberikan oleh Ratu pasca pertemuan khusus antara keluarga kerajaan dengan Pangeran Harry yang dilakukan di Sandringham, Inggris Timur.

Keinginan pasangan tersebut untuk tinggal di Kanada, telah disampaikan Pangeran Harry dan Meghan yang menyatakan dirinya ingin mundur dari anggota kerajaan.

Mendengar hal tersebut, sebelumnya Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau mengungkapkan warga Kanada sangat mendukung memiliki pasangan dari Kerajaan Inggris yang tinggal di Kanada.

Baca juga : Pangeran Harry dan Meghan Mundur dari Keluarga Kerajaan Inggris

Namun Ia menyebutkan, ihwal biaya pengamanan bagi pasangan yang dikenal dengan Duke dan Duchess of Sussex, beserta anak mereka Archie, pihaknya belum memutuskan apakah akan menanggung atau tidak biaya keamanan selama mereka tinggal di Kanada.

"Saya pikir itu adalah bagian dari refleksi yang perlu dimiliki, dan ada diskusi yang sedang berlangsung," kata Trudeau dalam sebuah wawancara seperti dilansir AFP.

"Kami juga tidak sepenuhnya yakin keputusan akhir apa yang akan diambil, dan itu adalah keputusan untuk mereka," imbuhnya

Diketahui, berdasarkan informasi dari media Kanada diperkirakan untuk melindungi kedua pasangan beserta bayinya tersebut dibutuhkan biaya sektiar US$1,3 miliar sampai US$1,7 miliar per tahun.

Baca juga : Ratu Beri Masa Transisi untuk Pangeran Harry dan Meghan

Menurut tradisi pembiayaan pajak Kanada yang diambil dari wajib pajak warga Kanada akan berkontribusi terhadap biaya keamanan ketika anggota keluarga kerajaan mengunjungi negara tersebut.

Senada dengan Justin Trudeau, Menteri Keuangan Kanada juga belum memutuskan apakah akan menanggung biaya keamanan terkait keputusan Pangeran Harry dan Meghan tersebut.

Menteri Keuangan Kanada, Bill Morneau menyatakan belum tentu Kanada akan membiayai pengamanan mereka.

"Belum, kami belum punya waktu memikirkan masalah ini. Kami jelas ingin selalu memastikan, sebagai anggoya persemakmuran, kalau kami akan ikut berperan, " kata Morneau.(AFP/Rif/OL-09)

BERITA TERKAIT