14 January 2020, 13:39 WIB

659 Personil Gabungan Amankan Demo Pro-Kontra Anies di Balai Kota


Ilham Ananditya | Megapolitan

MI
 MI
Ilustrasi: Aparat Keamanan

SEBANYAK 659 personil gabungan dari Polda Metro Jaya  dengan Polres Metro Jakarta Pusat siap melakukan pengamanan untuk aksi unjuk rasa depan Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1). 

Rencananya, siang ini, ada dua elemen yang akan menggelar aksi unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta, yakni massa pro Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan massa kontra Anies. Aparat memprediksi sekitar 100 demonstran yang akan datang.

Baca juga: Soal Class Action, Sekda DKI Tampik Anies Lalai Tangani Banjir

"Ini memang sesuai pemberitahuan ada dua. Satu yang mendukung kegiatan yang dilakukan gubernur, satu lagi memberikan masukan," ujar Kapolsek Metro Gambir Komisaris Polisi, Wiraga Dimas Tama.

Pola pengamanan aparat polisi dilakukan sesuai protokol dan prosedur standar. "Ada dua water canon dan sebagainya. Intinya, dari dua kelompok yang berbeda dapat melaksanakan kegiatan dengan baik atau lancar." tambah Dimas.

Kegiatan massa demonstrasi di atas pukul 14.00 WIB dilakukan oleh kelompok yang berbeda, yaitu yang mengatasnamakan Bang Japar sebagai 'Aksi Bela Anies' dan 'Gerakan Tongkrongin Pasukan Togog Geruduk Balai Kota' serta 'Jakarta Bergerak' sebagai demonstran yang kontra.

Apabila kelompok demonstran datang bersamaan, penyampaian apspirasi dilakukan secara bergantian. 

"Tergantung kalo mereka datang bersamaaan ya kita atur nanti yang satu di sebelah sini, yang sebelah sana enggak ada masalah. Yang diupayakan tidak ada penutupan jalan walaupun hanya dua jalur," tutur Dimas. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT