14 January 2020, 10:16 WIB

Cegah Pneumonia Masuk Babel, Suhu Tubuh Wisatawan Dipantau


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Antara
 Antara
Petugas KKP melakukan pemantauan suhu tubuh penumpang pesawat menggunakan thermo infrared di terminal kedatangan internasional. 

UNTUK mengantisipasi masuknya penyakit pnemonia dari Tiongkok ke Provinsi Bangka Belitung, Kantor Kesehatan Pelabuhan Pangkalpinang melakukan pemantauan pengukuran suhu tubuh wisatawan asal Tiongkok di bandara dan pelabuhan. Plt Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkalpinang. Nuryanto mengatakan sudah menerima edaran dari Dirjen terkait pencegahan dini penyakit Pneumonia asal Tiongkok. Untuk itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan mitra kerja.

"Kita sudah menyurati mitra kerja beberapa hal terkait waspada dan respons pnemumonia dari Tiongkok ini, untuk pengawasan alat angkut orang dan barang, masuk ke Babel baik melalui pelabuhan maupun bandara," kata Nuryanto, Selasa (14/1).

Ia mengaku di Babel hanya Bandara HAS Hanadjoedin Belitung sebagai bandara internasional. Sehingga alat pengukur suhu tubuh atau thermo scanner yang dipasang di sana. Sedangkan untuk pelabuhan dan Bandara Depati Amir Pangkalpinang masih menggunakan thermo digital yang dipantau dari jarak jauh.

Kendati tidak ada penerbangan internasional, namun aparat tetap waspada dan melakukan pencegahan dini masuknya pneumonia di Pulau Bangka.

baca juga: DKP Kantongi Identitas Pengebom Ikan di Flores Timur

"Memang wisatawan asing Tiongkok yang ke Babel melalui Bandara Depati Amir sudah screening di Bandara Soeta Jakarta. Tetapi kita tetap waspada kemungkinan inkubasinya penyakitnya tersebut setelah WNA tiba di Babel,"ucap dia.

Tetapi dalam waktu dekat, alat pengukur suhu tubuh (thermo scanner) akan segera dipasang. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT