13 January 2020, 21:14 WIB

Kapal Nelayan Asing Sudah di Luar ZEE Indonesia


M. Iqbal Al Machmudi | Internasional

PANGLIMA Komando Gabungan Wilayah I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono mengungkapkan bahwa nelayan asing sudah berada di luar zona ekonomi eksklusif Indonesia (ZEEI).

"Kenyataannya sudah tidak ada dan sudah ada di batas luar ZEEI. Sekarang kita cek sudah clear ya kita jaga laut kita dengan unsur yang ada," Kata Yudo di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Senin (13/1).

Yudo menyampaikan bahwa terus menggelar operasi patroli menggunakan KRI selain itu patroli juga melalui udara dengan menggunakan Pesawat F-16 yang disiagakan untuk teritorial udara ZEEI.

"Baru saja kami mendarat dari patroli udara maritim yang setiap hari kita laksanakan dengan Boeing 737 dan hasil hari ini sudah clear pantauan jadi di kita sudah clear tidak ada lagi kapal Cina semuanya sudah berada 89 mil di utara batas ZEEI. Jadi terakhir saya pantau dari udara 89 mil dari ZEEI sudah tidak ada lagi kapal ikan Cina dan coast guard," Jelasnya.

Hingga saat ini armada KRI di laut Utara Natuna sebanyak 7 Kapal perang dan akan diatur kembali mengenai patroli. Karena patroli akan dilakukan sepanjang tahun

"Ya nanti. Kita pertahankan ini melakukan patroli secara bergantian," Tutupnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT