13 January 2020, 21:05 WIB

Polisi Buru Kelompok Bersenjata Pimpinan Egianus Kagoya


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

Dok.Medcom
 Dok.Medcom
Egianus Kogoya

KEPOLISIAN Republik Indonesia memburu kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kagoya. Hal tersebut dilakukan setelah terjadi penyerangan yang dilakukan kelompok tersebut terhadap anggota Brimob di Nduga, Papua.

"Saat ini tim dari Polda Papua di-back up Mabes Polri terus melakukan pengejaran terhadap kelompok Egianus Kagoya yang diduga keras pelaku," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Senin (13/1).

Asep menyebut Kapolda Papua, Irjen Polisi Paulus Waterpauw telah memberikan ultimatum yang cukup keras terhadap KKB pimpinan Kagoya. "Bahwa harus segera melepaskan atau menaruh senjata dan akan dikejar hidup atau mati. Ini upaya keras Polda Papua, kita doakan supaya ini terungkap," tegasnya.

Pascainsiden tersebut, Asep mengatakan pihaknya telah melakukan dua hal yang paling utama. Pertama menyelamatkan anggota Brimob yang tertembak di bagian paha kirinya. Anggota Brimob Polda Malulu tersebut dikethaui bernama Bharatu Luki Darmadi.

"Sekarang sudah dalam penanganan serius di Rumah Sakit Polri Kramat Jati," terang Asep.

Hal kedua yang dilakukan pihak kepolisian, lanjut Asep, adalah menjaga situasi keamanan do Nduga.

Sebelumnya, kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Kagoya menembaki Luki yang saat itu sedang melakukan kegiatan pemberishan sekitar pos jaga pada Sabtu (11/1) pagi. Peristiwa tersebut terjadi di Bandara Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua. (OL-4)

BERITA TERKAIT