13 January 2020, 17:30 WIB

Komisioner KPU Kena OTT, Tahapan Pilkada di Babel tak Terganggu


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

MI/RENDY
 MI/RENDY
Pilkada

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung (Babel) memastikan tertangkapnya Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak akan mengganggu tahapan 4 Pilkada di 
Babel.

Untuk diketahui, empat kabupaten di Babel akan melangsungkan Pilkada pada tahun ini, yakni Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur. 

Baca juga: Pembangunan di Karawang Masih tak Hitung Daya Dukung Lingkungan

Ketua KPU Provinsi Babel, Davitri, memastikan pelaksanaan dan tahapan Pilkada serentak di 4 kabupaten tersebut tidak akan terganggu kendati adanya Komisioner KPU RI yang di tangkap KPK.

Ia mencontohkan, pembukaan launcing jingel dan maskot Pilkada di Beltim yang seharusnya dibuka langsung oleh Komisioner KPU Wahyu Setiawan tetap dilaksanakan oleh Komisioner KPU Babel Fahrurozi dan Sekretaris KPU Babel.

"Awalnya yang buka Pak Wahyu, tapi karena ada masalah dengan KPK,  terpaksa pembukaan launching jingel dan maskot Pilkada di Beltim dibuka  Komisoner KPU kita. Intinya tahapan pilkada akan tetap berjalan sesuai jadwal," ujarnya.

Terkait tertangkapnya Komisioner KPU RI ini, ia mengimbau para penyelenggara pemilu khususnya yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun ini fokus menyukseskan Pilkada dengan aturan yang sudah ditetapkan dan menjaga integritas.

"Ini warning untuk kita semua. Ayo teman-teman KPU se-Babel bekerja sesuai aturan dan jaga integritas sehingga terhindar dari hal-hal yang berbenturan dengan penyalahgunaan tugas dan jabatan,"pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT