13 January 2020, 11:00 WIB

Djokovic Tegaskan tidak Ada Unggulan di Australia Terbuka


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/William WEST
 AFP/William WEST
Novak Djokovic

JUARA bertahan Novak Djokovic bersikeras bahwa tidak ada unggulan untuk menjadi juara di Australia Terbuka yang akan dimulai pada pekan depan.

Peringkat dua dunia itu tampil apik di ajang Piala ATP dengan memimpin Serbia menjadi juara di turnamen baru yang diikuti 23 negara itu dengan mengalahkan juara Piala Davis Prancis di laga final.

Di laga Piala ATP, Djokovic mengalahkan petenis Kanada Denis Shapovalov, peringkat lima dunia Daniil Medvedev, dan peringkat satu dunia Rafael Nadal.

Djokovic juga memiliki catatan apik di Australia Terbuka. Dia sukses tujuh kali menjadi juara sejak 2008.

Baca juga: Serbia Juara Piala ATP Perdana

Namun, petenis Serbia itu menegaskan banyak petenis yang berpeluang menjadi juara di turnamen Grand Slam pembuka tahun itu.

"Ingat, laga Grand Slam hardcourt terakhir berlangsung di New York dan Rafa sukses menjadi juara," kata Djokovic mengacu pada Amerika Serikat Terbuka kala Nadal mengalahkan Medvedev lewat laga lima set.

"Jadi, saya rasa semua orang berpeluang menjadi juara. Saya tidak merasa ada yang difavoritkan. Di sana ada Federer, Nadal dan saya yang sudah cukup berpengalaman. Namun, ada juga Medvedev, (Stefanos) Tsitsipas, dan Dominic Thiem, yang memainkan permainan luar biasa," imbuhnya.

Djokovic kemudian mengacu pada laga ATP Finals di London kala Tsitsipas bangkit dari ketertinggalan dan mengalahkan Thiem.

"Mereka menunjukkan bahwa mereka telah menjadi pemain matang dan bisa mengalahkan pemain-pemain terbaik dunia," tegasnya. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT