13 January 2020, 09:41 WIB

Ronaldo Bawa Juventus Kembali Ke Puncak Liga Serie A


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

JUVENTUS kembali memuncaki klasemen sementara Liga Serie A setelah memenangkan laga tandang melawan AS Roma dengan skor 2-1.

Bermain di Stadion Olimpico, pada Minggu (12/1), Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan Juve berkat golnya di menit-10.

Kemenangan La Vecchia Signora tersebut juga membuat mereka mengoleksi 48 poin, unggul dua angka atas Inter Milan yang ditahan imbang Atalanta sehari sebelumnya.

Dari jalannya laga, Juventus langsung membuat publik Roma terdiam usai unggul di menit ketiga. Berawal dari tendangan bebas Paulo Dybala di sisi kanan pertahanan Roma yang meluncur menuju tiang jauh.

Bek asal Turki, Merih Demiral membuat pergerakan di tiang jauh dan lepas dari kawalan pemain Roma. Sehingga Demiral sukses memanfaatkan umpan Dybala dan membawa Juve unggul cepat 1-0.

Alih-alih bangkit, Roma semakin terpuruk setelah Juve sukses menggandakan keunggulan via gol penalti Ronaldo.

Kiper Roma, Pau Lopez melakukan kesalahan usai memberikan umpan pendek ke arah Jordan Veretout. Padahal, ketiga penyerang Juve masih berada di sekitar jantung pertahanan Roma.

Dybala pun mencoba mengambil bola dan membuat Veretout terpaksa melakukan pelanggaran di area penalti.

Ronaldo yang menjadi algojo sukses menggetarkan gawang Roma dan membawa Juve unggul 2-0 di 10 menit awal laga.

Tertinggal dua gol membuat Serigala Ibu kota semakin gencar melakukan serangan. Di babak kedua, Roma semakin mendominasi melalui aksi Edin Dzeko dkk. Roma akhirnya memperkecil ketertinggalan lewar penalti yang dicetak Diego Perotti di menit ke-68.

Perotti dengan tenang mengirim tendangan ke arah kiri gawang kiper Juventus Wojciech Szczesny yang bergerak ke arah berlawanan.

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri tak ingin kesempatan timnya kembali merajai klasemen Serie A terhalang oleh Roma.

Juve langsung memasukkan dua pemain pengganti, yakni Gonzalo Higuain dan Danilo untuk mengisi tempat yang ditinggal Dybala dan Aaron Ramsey.

Rencana tersebut membuat Ronaldo dkk. terus menekan pertahanan Roma di 20 menit sisa laga babak kedua.

Pada menit ke-73, sundulan Ronaldo masih gagal mmemperbesar keunggulan kareba masih melebar di sebelah kiri gawang.

Gonzalo Higuain sejatinya mamlu mencetak gol di menit ke-79. Namun, golnya harus dianulir wasit lantaran Higuain berada di posisi offside.

Skor 2-1 untuk keunggulan tim tamu pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya laga.

"Kami bermain bagus selama 60 menit, dan penderitaan di Olimpico melawan Roma memang sulit untuk dihindariterhindarkan," ujar Sarri kepada Sky Sport Italia.

Ia pun mengomentari aksi Paulo Dybala yang tampak sangat jengkel ketika ia digantikan oleh Higuain.

"Saya tidak peduli, jujur ??saja. Permainan itu menyuruh saya melakukan hal-hal tertentu dan saya harus membuat keputusan. Dybala dapat memberikan tanggapannya di lapangan, tetapi itu cukup normal. Saya belum pernah melihat seorang pemain meninggalkan lapangan dengan senang," ucap Sarri.

Kemenangan ini juga harus diganjar mahal Juventus. Sang pencetak gol pertama, Demiral mengalami cedera serius setelah mendarat dengan lututnya.

Dia kemudian ditarik keluar dalam waktu 20 menit dari pertandingan, setelah melompat untuk sundulan dan salah mendarat. "Demiral terkilir dan sepertinya itu cedera yang serius," ucapnya.

Juve sudah ditinggal terlebih dahulu bek Giorgio Chiellini yang absen hingga bulan depan karena cedera ACL robek yang dideritanya selama musim panas.

Hal ini membuat Daniele Rugani secara pasti dikeluarkan dari pasar transfer. Bintang Roma Nicolò Zaniolo pun ditarik keluar pada laga yang berlangsung keras karena telah didiagnosis menderita ligamentum cruciate anterior yang robek, dan mengalami bersama kerusakan meniskus.

"Kami ingin mendoakan yang terbaik bagi Zaniolo," tutur Sarri. (Skysports/Ykb/)OL-09)

.

BERITA TERKAIT