13 January 2020, 08:15 WIB

BIN Berhasil Ciptakan Situasi Kondusif


Media Indonesia | Politik dan Hukum

ANGGOTA Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi menilai Badan Intelijen Negara (BIN) berhasil menciptakan politik yang kondusif pasca-Pilpres 2019.

"BIN berhasil mengelola dinamika politik dalam dan luar negeri menjadi suasana yang kondusif," kata Bobby dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Politikus Partai Golkar itu pun memuji kinerja BIN dalam menjaga situasi tetap kondusif, terutama pasca-Pilpres 2019. Meski kinerjanya tidak bisa dilihat, kata Bobby, peran BIN dapat dirasakan semua masyarakat dalam upaya menciptakan persatuan bangsa.

"Kinerja BIN tidak bisa dipublikasikan, seperti halnya tugas dan fungsi intelijen di seluruh dunia karena bukan public service, melainkan single client kepada presiden," jelasnya.

Legislator yang membidangi intelijen dan militer di DPR itu menjelaskan bahwa produk utama intelijen ialah informasi yang berkualitas terkait dengan situasi politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan terkini yang digunakan Presiden Joko Widodo dalam menetapkan langkah-langkah agar situasi tetap kondusif.

Menurut dia, tidak bisa suatu keadaan atau langkah-langkah presiden dihubungkan secara langsung dengan kinerja intelijen. Akan tetapi, diukur dari ketepatan langkah-langkah pemerintah dan presiden dalam memelihara situasi kondusif dan kerahasiaan lingkungan kerja komunitas intelijen di bawah koordinasi BIN tetap terjaga.

Budi Gunawan, kata Bobby, bertugas untuk memastikan peran BIN dalam memutakhir-kan informasi intelijen yang berkualitas kepada Presiden Jokowi agar tepat dalam pengambilan keputusan ataupun kebijakan. Hal itu, menurut dia, tidak pernah dipublikasikan ataupun diumumkan sehubungan dengan suatu peristiwa.

"Hasilnya, ada demo berjilid-jilid, situasi aman. Konsolidasi hasil pemilu berhasil, politik luar negeri aktif, tidak ada skandal spionase, hubungan antarlembaga Trias Politika juga baik, ketegangan publik hampir tidak ada," paparnya. (Ant/P-4)

BERITA TERKAIT