13 January 2020, 07:20 WIB

Jokowi Bahas Investasi dengan Putra Mahkota UEA


Dhika Kusuma Winata | Ekonomi

Dok. Istagram @Jokowi
 Dok. Istagram @Jokowi
Presiden Joko Widodo saat bertolak menuju UEA dari Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

PRESIDEN Joko Widodo disambut hangat Menteri Energi dan Industri UEA Suhail Mohamed Faran Al Mazrouei saat tiba di Bandara Internasional Abu Dhabi setelah terbang lebih 8 jam dari Jakarta untuk memulai kunjungannya ke Uni Emirat Arab (UEA).

Presiden Jokowi tiba di Terminal Kepresidenan Bandar Udara Internasional Abu Dhabi pukul 13.55 waktu setempat setelah bertolak dari Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB, kemarin.

Cuaca saat kedatangan berkisar 19 derajat celsius dengan angin bertiup relatif kencang, bahkan sinar matahari cenderung terik. Sejumlah pejabat yang juga menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan ialah Dubes RI di Abu Dhabi Husni Balqis serta Atase Pertahanan RI Riyad Brigjen TNI Erlangga Said Karim dan Ibu Rima Mariana Saka.

Suasana penuh kehangatan langsung menyambut saat Jokowi dan rombongan tiba di tempat tersebut. Presiden Jokowi terlihat bersalaman penuh rasa keakraban dengan Suhail Mohamed Faran Al Mazrouei.

Sejumlah agenda ekonomi direncanakan akan dibahas dalam lawatan Presiden di UEA. Salah satunya terkait dengan investasi UEA di Tanah Air. Presiden membahas hal itu ketika bertemu dengan Putra Mahkota UEA Sheikh Mohamed bin Zayed, di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan, tadi malam.

"Isu yang akan dibahas Presiden dengan Mohamed bin Zayed antara lain kerja sama ekonomi, khususnya investasi UEA di Indonesia," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang turut serta dalam kunjungan melalui keterangan pers.

Heru menambahkan, pertemuan bilateral kedua pemimpin itu bertujuan menindaklanjuti hasil kunjungan Mohamed bin Zayed di Bogor pada 24 Juli 2019. Di istana sejumlah agenda kenegaraan digelar, termasuk pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammed bin Zayed dan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman kedua negara dalam berbagai bidang.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan menjadi pembicara utama dalam Abu Dhabi Sustainable Week di UEA, hari ini.

Sumber: BKPM/Kemendag/BPS

 

Dalam acara itu Presiden akan menyampaikan sejumlah hal, salah satunya rencana Indonesia membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur dengan konsep kota berkelanjutan.

"Ini acara prestisius tentang sustainability, bukan hanya lingkungan, melainkan juga mengenai bagaimana ekonomi berkelanjutan, teknologi yang berkelanjutan dan lainnya. Jadi, Presiden hadir sebagai pembicara kunci di Abu Dhabi Sustainable Week," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin. (Dhk/Van/X-6)

BERITA TERKAIT