12 January 2020, 21:59 WIB

PAN Desak PKS dan Gerindra Rampungkan Masalah Cawagub DKI


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

WAKIL Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani mendesak kepada Fraksi Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk segera memutuskan nama calon wakil gubernur (cawagub).

"Yang jelas banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan. Saya rasa Pak Anies agak kerepotan kalau sendiri, lihat saja banjir kemarin," ujar Zita kepada Media Indonesia, Jakarta, Minggu (12/1).

"Kami sudah meminta segera. Tetapi, belum ada keputusan dari partai pengusung. Itu sepenuhnya hak Gerindra dan PKS. Kami tidak mau terlalu menekan karena ini urusan rumah tangga partai lain," tutur Zita.

Sudah setahun lebih kursi wagub kosong sejak ditinggalkan Sandiaga Uno yang ikut Pilpres 2019. Menurut Zita, sudah semestinya PKS-Gerindra menentukan nama cawagub.

Gerindra yang sebelumnya setuju atas dua nama cawagub yang diusulkan PKS,  pada Oktober 2019 justru menyodorkan empat nama cawagub. Nama Ketua DPP Gerindra, Ahmad Riza Patria yang santer dipilih untuk disandingkan dengan calon dari PKS.

"Kita mesti lebih negarawan. Jabatan Gubernur dan Wagub ini memang ada fungsinya, bukan sekedar bagi-bagi kekuasaan.Kami ingin menghimbau agar perundingan antara Gerindra dan PKS segera diselesaikan," terang Zita.

Setelah ada kesepakatan nama cawagub, nantinya akan dilakukan rapat pimpinan gabungan (rapimgab). Nantinya ada panitia pemilihan (panlih) yang akan memproses kelanjutan cawagub tersebut.

"Saya kira kerja pansus yang sekarang lebih banyak pada proses pemilihan. Kami semua di DPRD Semuanya sudah siap, menunggu kesiapan Gerindra dan PKS," tegas Zita.

Sementara itu, Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta yang berada di Komisi A bidang pemerintahan, Wibi Andrino mengatakan sejauh ini proses cawagub masih belum ada progres yang signifikan.

"Masih adem-adem saja. Ya harusnya sudah mulai (di bulan ini), tapi belum ada nama," pungkas Wibi. (Ins/A-2)

BERITA TERKAIT