12 January 2020, 21:48 WIB

Serbia Juara Piala ATP Perdana


Akmal Fauzi | Olahraga

AFP
 AFP
Viktor Troicki (kiri) dan Novak Djokovic

SERBIA menciptakan sejarah menjadi juara dalam seri perdana Piala ATP seusai mengalahkan Spanyol 2-1, Minggu (12/1) di Sydney, Australia.

Petenis nomor dua dunia, Novak Djokovic bermain fantastis dan menjadi penentu kemenangan dalam kejuaraan tenis beregu itu.

Duel itu harus ditentukan di pertandingan ganda. Bersama Viktor Troicki, Djokovic mengalahkan Pablo Carreno Busta / Feliciano Lopez, 6-3,6-4.

Sebelum gim penentuan, Djokovic mampu mengandaskan Rafael Nadal, 6-2, 7-6(4) di pertandingan tunggal. Kemenangan itu memperpanjang rekor kemenangannya atas petenis nomor satu dunia itu. Djokovik tercatat 19 kali menang beruntun sejak final AS Terbuka 2013.

“Setiap kali saya bermain dengan Rafa, kami bisa memainkan banyak poin menarik,” kata Djokovic seusai pertandingan.

Djokovik mendominasi sejak awal pada gim pertama itu. Dia beberapa kali mematahkan servis Nadal. Pada dim kedua, Nadal meningkatkan serangannya.

 

Baca juga: Atlet Olimpiade 2020 akan Tidur di Tempat Tidur Kardus

 

Namun pada tie-break, Djokovic merespon dengan permainan apiknya. Dia berhasil melepaskan pukulan backhand ke sudut forehand Nadal.

“Saya telah bermain banyak pertandingan. Energi saya sedikit menurun karena saya bermain lama kemarin (semifinal),” kata Nadal.

“Saya tidak senang dengan kekalahan ini,” lanjut dia.

Sementara, Roberto Bautista Agut, petenis tunggal Spanyol mampu mengalahkan Dusan Lajovic dengan 7-5, 6-1.

"Dusan bermain dengan level yang luar biasa, tetapi saya juga bermain dengan sangat baik,” tutur Bautista. (atptour/ OL-8)

BERITA TERKAIT