13 January 2020, 04:05 WIB

Teknik dan Strategi Bermain Jadi Fokus Evaluasi


MI | Olahraga

AFP
 AFP
Ajang bulu tangkis  Malaysia Master 2020

SEKRETARIS Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budiharto mengatakan ada evaluasi khusus yang dilakukan kepada para pemain yang baru saja mengikuti ajang Malaysia Master 2020. Dia menerangkan catatan yang diberikan kepada para pemain merupakan penilaian atas performa mereka yang gagal membawa gelar dari Negeri Jiran.

“Seperti biasa para pelatih dan dari divisi bidang pembinaan (PBSI) akan mengevaluasi performa pemain di Malaysia dan segera mungkin memberi solusi untuk menghadapi Indonesia Masters 2020,” kata Achmad kepada Media Indonesia, kemarin.

Dia menambahkan, eveluasi dilakukan dari sisi teknik dan strategi bermain. Diyakini, pemain Idonesia akan bisa tampil lebih baik di Indonesia Master 2020. “Kita harus optimistis bermain di kandang sendiri,” kata dia.

Indonesia Masters sendiri rencananya akan berlangsung di Istora, Senayan, Jakarta mulai Selasa (14/1). Ajang tersebut sangat penting bagi pebulu tangkis Indonesia karena menyediakan poin untuk masuk Olimpiade 2020.

Terpisah, pelatih kepala tunggal putra Hendry Saputra mengevaluasi penampilan seluruh anak asuhnya di Malaysia Masters. Hendry mengatakan, Jonatan Christie dkk masih belum stabil, terutama di saat-saat perebutan poin penting.

Hal itu menurutnya masih terus dievaluasi saat latihan. Dia juga menyoroti banyaknya kesalahan yang dilakukan sehingga malah memberi keuntungan untuk lawan. “Kalau hal yang lain, seperti fisik, itu sudah baik,” lanjut Hendry.

Di Malaysia, Tiongkok sukses memborong tiga gelar. Dua gelar direbut dari pertarungan sesama pemain Tiongkok di sektor ganda putri dan ganda campuran.

Di ganda putri, Li Wen Mei/Zheng Yu menang 21-19, 16-21, dan 21-19 dari Due Yue/Li Yunhui. Sementara di sektor ganda campuran, Zheng Siwei/Huang Yaqiong mengalahkan Wang Yilyu/Huang Dongping dengan skor 21-19 dan 21-22. Di sektor tunggal putri Chen Yufei mengalahkan Tai Tzu Ying dari Taiwan dengan skor 21-17 21-10.

Pasangan ganda putra Tiongkok Li Jun Hui/Liu Yu Chen ditaklukan wakil Korea Selatan Kim Gi Jung/Lee Yong Dae dengan skor 14-21 dan 16-21. Sementara di sektor tunggal putra diraih jagoan Jepang Kento Momota yang mengalahkan Viktor Axelsen dari Denmark dengan skor 24-22 dan 21-11. (BadmintonIndonesia/R-3)

BERITA TERKAIT