12 January 2020, 18:35 WIB

Perbaikan Tanggul di Brebes Ditargetkan Rampung Pekan Depan


Supardji Rasban | Nusantara

MI/Supardji Rasban
 MI/Supardji Rasban
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Sungai Babakan dari  Jembatan Sungai Babakan di Daesa/ Kecamatan Ketanggungan, Brebes.

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengecek infrastruktur yang terdampak banjir di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (12/1).
Dalam kesempatan itu, dia antara lain meninjau perbaikan tanggul di dekat Sungai Babakan di Desa/Kecamatan Ketanggungan, Bendungan Cisadap di Desa Buara, dan juga meninjau tanggul jebol di bagian hulu Sungai Babakan yakni Desa Cikeusal Lor.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu banjir bandang merendam sedikitnya enam desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah akibat meluapnya Sungai Babakan. Menteri PUPR menyebut pihaknya segera memerintahkan jajarannya untuk memperbaiki sejumlah tanggul yang jebol di bantaran Sungai Babakan dan juga mengeruk Bendung Cisadap sesegera mungkin.

"Tidak hanya memperbaki tanggul yang jebol dan bendung yang dangkal Sungai Babakan juga saya perintahkan untuk dilebarkan," ujar Basuki usai melihat tanggul jebol yang sudah mulai diperbaiki dari atas Jembatan Sungai Babakan, Desa Ketanggungan, Kecamatan Ketanggungan, Mingggu (12/1).

Basuki menargetkan perbaikan tanggul yang jebol dan pengerukan pendangkalan Bendungan Cisadap paling lama sepuluh hari. "Atau kalau tidak dalam seminggu ini sudah selesai," ucapnya.
Terkait penanggulangan sejumlah tanggul kritis di sejumlah sungai lainnya juga akan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana dan BBWS Cimanuk Cisanggarung. "Perbaikan tanggul ini merupakan upaya pencegahan banjir karena curah hujan tinggi masih akan terjadi hingga Maret mendatang," pungkasnya.

Akibat curah hujan yang tinggi pada Rabu (8/1) petang hingga malam, Sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah meluap dan merendam sekurangnya enam desa yang berada di sekitar bantaran sungai. (A-1)

BERITA TERKAIT