12 January 2020, 16:15 WIB

Cegah Jalan Terputus Akibat Banjir, Dishub Lakukan Koordinasi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/BARY FATAHILAH
 MI/BARY FATAHILAH
engendara menerobos genangan air di Jalan Gunung Sahari, Jakarta, 2 Januari lalu

DINAS Perhubungan DKI Jakarta berkoodinasi dengan Dinas Bina Marga DKI serta Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta guna mencegah akses jalan terputus akibat banjir.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut beberapa jalan di Jakarta mulai dari jalan lingkungan, jalan provinsi, jalan nasional, hingga jalan tol sempat terputus aksesnya akibat banjir.

"Ya memang beberapa jalan terputus aksesnya akibat banjir. Kita dalam setiap rapat penanganan banjir sudah saling koordinasi. Saya dengan Bina Marga dan Sumber Daya Air," ungkap Syafrin aaat dihubungi, Minggu (12/1).

Syafrin menyebut segala upaya sudah dilakukan dari mulai memperbaiki saluran, mengeruk saluran, serta memperlebar saluran air.

Baca juga: Dinas SDA Perbaiki Tanggul yang Retak

"Iya itu sudah dilakukan. Namun, kita mengetahui bersama intensitas hujan yang kemarin itu luar biasa, yang paling besar sepanjang 20 tahun terakhir," kata Syafrin.

Namun, dalam intensitas hujan yang ektrem, keseluruhan langkah itu rupanya belum cukup.

"Nantinya kedua dinas itu akan memikirkan upayanya. Sebab, untuk infrastruktur jalan apakah bisa ditinggikan atau membuat reservoir itu mereka yang lebih memahami," ungkapnya.

Di sisi lain, saat terjadi banjir di Jakarta yang berlangsung selama sepekan sejak 1 Januari lalu mengakibatkan sejumlah ruas jalan terendam dan terputus aksesnya.

"Beberapa koridor Trans-Jakarta terputus sehingga harus mengalami pengalihan rute. Tetapi untuk beberapa rute nonkoridor yang harus melalui ruas tol akhirnya setop operasi karena tidak ada pengalihan rutenya," kata Syafrin.(OL-2)

BERITA TERKAIT