12 January 2020, 14:00 WIB

Ratu Elizabeth II akan Bertemu Pangeran Harry


Rifaldi Putra Irianto | Internasional

AFP/Tolga AKMEN
 AFP/Tolga AKMEN
Ratu Elizabeth II (kedua dari kiri), Meghan, dan Pangeran Harry,

RATU Elizabeth II akan melakukan pertemuan konfrontasi dengan Pangeran Harry, Senin (13/1) mendatang. Pertemuan tersebut dilakukan dalam upaya menyelesaikan permasalahan yang dipicu pengumuman mengejutkan bahwa Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle mundur dari kerajaan Inggris.

Para bangsawan lainnya, termasuk ayah Pangeran Harry, Pangeran Charles, dan saudara laki lakinya, Pangeran William, juga akan bergabung pada pertemuan di rumah kenegaraan Sandringham Estate, Inggris Timur itu.

Sementara Meghan, akan bergabung dengan pertemuan melalui panggilan konferensi dari Kanada, untuk mengetahui langkah selanjutnya menuju kesepakatan dan menghentikan isu yang sedang berkembang.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Mundur dari Keluarga Kerajaan Inggris

Dilansir dari AFP, masalah yang akan di bahas pada pertemuan itu termasuk berapa banyak uang yang masih akan diterima Harry dan Meghan dari harta warisan Charles, gelar kerajaan atau HSH (Her Royal Highness), dan transaksi komersial apa saja yang dapat mereka lakukan.

Harry, Meghan serta putranya Archie menghabiskan Natal di Kanada.

Ratu Elizabeth II, Kamis (9/1), menuntut agar staf bekerja untuk menemukan solusi yang bisa diterapkan atas pertimbangan tuntutan mereka untuk lebih banyak kebebasan.

Beberapa media Kanada melaporkan, Meghan telah kembali ke Pulau Vancouver di lepas pantai Pasifik, tempat Harry dan Meghan menghabiskan liburan akhir tahun bersama pengasuh Archie.

Sebelumnya, atas pernyataan Harry dan Meghan yang ingin mundur dari kerajaan, Kantor Ratu mengeluarkan pernyataan singkat dengan mengatakan masalah itu rumit dan membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya.

Di sisi lain, Harry dan Meghan mengatakan mereka bermaksud sepenuhnya mendukung sang Ratu dan berkolaborasi dengan para bangsawan senior.

Mereka juga ingin mempertahankan rumah mereka di Windsor Castle milik Ratu sebagai pangkalan Inggris mereka, sambil bertujuan menjadi mandiri secara finansial.

Pasangan yang menikah pada Mei 2018 silam tersebut juga mengecam pemberitaan negatif, beberapa di antaranya Harry sebut rasis mengingat warisan biracial Meghan. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT