12 January 2020, 08:30 WIB

Nihil Gelar di Malaysia Masters 2020


Akmal Fauzi | Olahraga

ANTARA FOTO/Widya
 ANTARA FOTO/Widya
Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan (kanan) berjabat tangan dengan ganda putra China Li Jun Hui dan Liu Yu Chen.

HARAPAN Indonesia untuk membawa pulang gelar dari turnamen Malaysia Masters 2020 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, musnah. Dari empat wakil Indonesia yang tampil di semifinal kemarin, tidak satu pun yang mampu meraih kemenangan untuk merebut tiket ke final.

Kegagalan paling menyesakkan terjadi di sektor ganda putra. Meloloskan dua pasangan, Indonesia gagal menempatkan wakil di laga puncak.

Pasangan nomor satu dunia yang juga menjadi unggulan kedua, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus mengakui keunggulan ganda Tiongkok, Li Jun Hui/Liu Yu Chen. Ahsan/Hendra kalah 20-22, 19-21, dan 24-22. Itu menjadi kekalahan Ahsan/hendra yang ke-9 dalam 15 pertemuan dengan Li/Liu.

“Kami sudah memberikan yang terbaik tapi memang harus diakui mereka lebih unggul. Kali ini Li/Liu tidak banyak bikin salah, mainnya lebih rapi,” ungkap Ahsan.

Ganda putra Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto­ juga gagal mengatasi lawan. Fajar/Rian yang menyingkirkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di perempat final, harus mengakui keunggulan ganda Korsel, Kim Gi Jung/Lee Yong Dae. Fajar/Rian menyerah 14-21, 21-19, 21-15.

Di ganda putri, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga ter-singkir setelah kalah dari ganda Tiongkok, Li Wen Mei/Zheng Yu. Unggulan ke delapan tersebeut menyerah dalam pertarungan ketat selama tiga gim dengan skor 19-21, 21-18, dan 19-21 dalam waktu 85 menit.

“Kami sudah mengeluarkan kemampuan kami. Sekarang terima dulu kekalahan ini dan fokus lagi untuk Indonesia Masters minggu depan,” ujar Gresyia seperti dikutip badminton.org.

Hasil minor juga didapat ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Pasangan peringkat ke-9 dunia tersebut tak mampu menandingi ketangguhan ganda campuran nomor 1 dunia asal Tiongkok, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Hafiz/Gloria menyerah dua gim langsung 13-21, 12-21 hanya dalam 28 menit.

“Di turnamen ini sebetulnya kami dapat undian yang lumayan, tapi kalau sudah ketemu yang berat kayak gini, harus bisa ngelewatin, kalau belum bisa ya jadinya di situ-situ saja,” kata Hafiz soal penampilannya dan Gloria di Malaysia Masters 2020. (Mal/R-1)

BERITA TERKAIT