12 January 2020, 08:06 WIB

Hoaks, Ahmad Basarah Jadi Plt Sekjen PDIP


Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum

DI tengah kemelut yang dihadapi PDIP karena disebut-sebutnya nama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam kasus suap komisioner KPU Wahyu Setiawan, beredar berita yang dibagikan luas melalui group Whatsapp sejak Sabtu (11/1) dengan judul "Basarah Ditunjuk Jadi Plt. Sekjen PDIP, Kemana Hasto?"

Berita tersebut tampaknya dibagikan begitu saja sehingga menimbulkan spekulasi bahwa benar Ahmad Basarah yang merupalan Ketua DPP Bidang Luar Negeri menjadi Plt Sekjen PDIP.

Faktanya, berita tersebut adalah berita lama pada 2017 lalu.

Benar, saat itu, Ahmad Basarah yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal ditunjuk jadi pelaksana tugas (Plt) Sekjen PDIP karena Hasto sedang tugas ke luar negeri.

Baca juga: KPK Pastikan Periksa Hasto sebagai Saksi Penyuapan

"Plt Sekjen DPP PDIP itu memang protap baku di DPP. Kalau Sekjen sedang tugas ke luar negeri, Bu Mega akan menunjuk salah satu Wasekjennya sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekjen," kata Basarah, kala itu.

Basarah menyebut Hasto sedang ke luar negeri. Jika pulang ke Indonesia, Hasto otomatis kembali menjabat sebagai Sekjen PDIP kembali.

"Nanti kalau Mas Hasto sudah kembali ke tanah air maka tugas Plt Sekjen akan selesai," jelasnya.

Selain itu, Basarah menyebut hal semacam itu tidak hanya sekali terjadi. Dia pernah menjabat sebagai Plt Sekjen PDIP sebelumnya.

"Dulu juga zaman Mas Tjahjo Sekjen, saya pernah 2 kali jadi Plt Sekjen," tuturnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT